Gandeng DLH Surabaya, UC Berikan Workshop Fesyen Sirkular untuk 40 Kampung Zero Waste 

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: M. Rifat

17 Mei 2023 18:42 17 Mei 2023 18:42

Thumbnail Gandeng DLH Surabaya, UC Berikan Workshop Fesyen Sirkular untuk 40 Kampung Zero Waste  Watermark Ketik
Workshop Fashioning The Waste oleh Fashion Product Design UC Surabaya. (Foto: Humas UC) 

KETIK, SURABAYA – Program Studi Fashion Product Design and Business Universitas Ciputra (UC) bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Surabaya menyelenggarakan workshop transformatif tentang fesyen sirkular, serta potensi daur ulang plastik dan tekstil berjudul “Fashioning The Waste” mulai 11 sampai 13 Mei 2023.

Workshop diikuti oleh 40 peserta yang merupakan perwakilan 40 kampung zero waste dari RW yg sudah dipilih oleh DLH Surabaya. Ini bertujuan untuk memperkenalkan konsep circular fashion.

Workshop ini diharapkan menciptakan dampak positif terhadap lingkungan, mendorong konsumsi yang bijaksana dan memicu gelombang perubahan dengan berbasis komunitas bersama Kampung Zero Waste.

Dosen Fashion Product Design and Business (FPD) Universitas Ciputra Rahayu Budhi Handayani menjelaskan dampak industri fesyen terhadap lingkungan dan pentingnya transisi ke fesyen sirkular.

“Pentingnya pengetahuan dampak yang dihasilkan oleh industri fesyen terhadap lingkungan adalah untuk menjaga lingkungan. Peserta pun langsung berdiskusi sembari belajar tentang praktik fesyen berkelanjutan,” papar Rahayu Rabu, (17/5/2023).

Rahayu membeberkan lokakarya hari kedua berfokus pada aspek praktis dari daur ulang plastik menjadi produk modis yang langsung dipandu oleh 33 mahasiswa FPD UC gabungan dari semester 4,6 dan 8.

Peserta lokakarya mempelajari teknik inovatif untuk mengubah sampah plastik menjadi barang yang bergaya dan fungsional seperti dompet dan tas belanja.

"Kegiatan mendorong kreativitas peserta dan meningkatkan potensi upcycling sebagai solusi berkelanjutan untuk mengatasi polusi plastik,” terang Rahayu.

Program yang dijalankan oleh Fashion Product Design UC memberikan mengedukasi dan memberdayakan para peserta. Workshop ini bertujuan untuk menginisiasi perubahan positif dalam perilaku konsumen dan mendorong industri fesyen yang lebih berkelanjutan.

"Dengan menggabungkan pengetahuan dan pengalaman langsung, diharapkan bisa menginspirasi peserta untuk mencoba potensi upcycling sehingga dapat berkontribusi pada masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan," ujar Rahayu.

Subkoordinator penyuluhan lingkungan hidup DLH Surabaya Dyan Prasetyaningtyas berharap kolaborasi antara Universitas Ciputra dan Pemerintah Kota Surabaya dalam hal ini bisa berkelanjutan untuk menuju masa depan yang lebih hijau.

"Kolaborasi ini bisa lanjut untuk lebih sebagai gerakan masal sehingga dapat mengubah industri fesyen berkelanjutan dan mempromosikan konsumsi yang bertanggung jawab,” pungkasnya. (*) 

Tags:

UC fesyen sirkular DLH Surabaya zero waste