Gandeng Panwascam Ketapang dan Sokobanah, PJS Edukasi ke PKD Soal Penguatan Medsos

Jurnalis: Mat Jusi
Editor: Naufal Ardiansyah

19 September 2024 19:41 19 Sep 2024 19:41

Thumbnail Gandeng Panwascam Ketapang dan Sokobanah, PJS Edukasi ke PKD Soal Penguatan Medsos Watermark Ketik
Varis Reza Malik (Pakai Topi) saat memberikan materi penguatan Media sosial ke PKD (Foto: Mat Jusi/Ketik.co.id)

KETIK, SAMPANG – Bekerja sama dengan Panwascam Sokobanah dan Panwascam Ketapang, Persatuan Jurnalis Sampang (PJS) memberikan materi penguatan media sosial menuju Pilkada Damai di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur. Kamis 19 September 2024.

Faris Reza Malik, Ketua Persatuan Jurnalis Sampang dan Imron Muslim, Sekretaris Jenderal PJS memberikan materi dan pemaparan kepada Pengawas Keluharan Desa (PKD) di dua Kecamatan adalah di Kecamatan Sokobanah dan Kecamatan Ketapang.

Faris saat memaparkan mengatakan bahwa PKD harus kreatif dan harus memiliki akun media sosial resmi. 

“PKD itu harus kreatif, harus mempunyai akun media sosial resmi. Gandeng semua masyarakat, upload semua kegiatan di akun resminya. Tujuannya untuk mewujudkan Pilkada Damai di Kabupaten Sampang,” kata Faris. 

Ia juga menyampaikan bahwa PKD harus netral tidak boleh terlibat politik secara praktis, dan harus mengawasi melalui media sosial. 

“Pengawas Keluharan Desa harus netral tidak boleh terlibat politik praktis, selain itu PKD harus mengawasi pergerakan kampanye di media sosial. Kalau ada yang melenceng silahkan laporkan ke Panwascam, supaya Panwas menyampaikan hal tersebut ke Bawaslu,” ujar Faris. 

Sementara itu Imron Muslim, Sekretaris Jenderal Persatuan Jurnalis Sampang juga mengungkapkan bahwa PKD harus bisa membedakan antara berita hoax dan berita yang benar. 

“PKD ini harus bisa membedakan antara berita hoax dan berita yang benar, jadi kalau ada berita-berita negatif. Jangan langsung percaya, cek fakta dulu dan baca siapa saja narasumbernya,” tutur Imron. 

Terakhir Imron mewanti-mewanti agar PKD bekerja sesuai dengan aturan yang ada. 

“PKD ini harus bekerja dengan jujur, ayo awasi Pilkada dengan benar. Jika butuh bantuan wartawan silahkan hubungi kami Persatuan Jurnalis Sampang, insyaallah ada sekitar 14 wartawan yang tergabung di asosiasi PJS akan siap membantu kalian semua untuk terlaksananya Pilkada Damai,” tukas Imron. 

Sedangkan Khoirul Anam, Ketua Panwascam Sokobanah mengucapkan terima kasih kepada Persatuan Jurnalis Sampang. 

“Terima kasih kepada Persatuan Jurnalis Sampang, karena telah membantu kami dalam menghadapi Pilkada Sampang dan Pilgub Jatim, semoga ilmu yang PJS salurkan kepada Pengawas Kelurahan Desa (PKD) menjadi ilmu yang bermanfaat,” tegasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pilkada 2024 Persatuan Jurnalis Sampang PKD Panwascam Ketapang Panwascam Sokobanah media sosial