Gereja Katedral Ijen Mulai Berbenah Jelang Perayaan Natal

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: M. Rifat

23 Desember 2023 09:35 23 Des 2023 09:35

Thumbnail Gereja Katedral Ijen Mulai Berbenah Jelang Perayaan Natal Watermark Ketik
Dekorasi telah terpasang di dalam Gereja Katedral Ijen untuk menyambut Malam dan Perayaan Natal 2023 (23/12/2023). (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Gereja Katedral Santa Perawan Maria, Kota Malang mulai berbenah untuk menyambut jelang ibadah Misa Malam Natal pada 24 Desember 2023 dan juga Misa Natal pada 25 Desember 2023. Perayaan Natal kali ini mengambil tema Keluarga Jantung Gereja.

Beberapa dekorasi yang menyesuaikan tema pun telah terpasang. Bahkan di halaman depan gereja telah berdiri tenda untuk menampung para jemaat yang diperkirakan akan membeludak.

Pastor Paroki Gereja Katedral Santa Perawan Maria dari Gunung Karmel Keuskupan Malang, Romo Ignatius Adam Suncoko menjelaskan tak hanya fisik, persiapan rohani pun telah dilakukan untuk menyambut perayaan penuh syukur itu.

"Para jemaat ada pendalaman iman selama empat minggu. Di Paroki Katedral, kita punya komitmen yang berkaitan dengan keluarga sehingga tema yang diambil adalah Keluarga Jantung Gereja," ujar Romo Adam saat ditemui pada Sabtu (23/12/2023).

Sesuai tema yang diangkat menekankan bahwa keluarga merupakan berkat. Di dalamnya terdapat tanggung jawab bersama untuk mendidik anak dan mengembangkan sebuah keluarga yang setia.

"Harapannya keluarga itu mulai untuk kembali, melihat terkait pendidikan anak karena itu paling utama dan dimulai dari keluarga. Keluarga itu sebagai berkat, bukan sebagai sampah. Keluarga itu memang suatu panggilan, tanggungjawab bersama untuk mendidik anak-anak kita, kemudian untuk mengembangkan keluarga yang setia di tengah keluarga," lanjutnya.

Tak hanya itu, persiapan jasmani juga telah dilakukan, mulai dari bakti sosial, bakti sosial kesehatan, hingga mengadakan sembako murah. Segala persiapan tersebut telah dilakukan sejak awal Desember 2023 lalu untuk menyambut masa adven.

"Masa adven itu ada 4 minggu jadi setiap minggunya ada adven pertama, kedua, ketiga, dan keempat. Nah kebetulan adven keempat itu jatuh pada hari Minggu (24/12/2023) sehingga sore hari besok sudah masuk ke Natal," sebutnya.

Perayaan natal di Gereja Katedral Ijen tersebut akan berlangsung dalam lima sesi peribadatan. Setiap sesinya terbagi mulai dari anak-anak, remaja, lansia, dan juga umum. Bagian dalam gereja untuk tempat peribadatan nantinya dapat menampung hingga ribuan jemaat di setiap sesinya.

"Kami akan menyiapkan di dalam gereja itu kurang lebih bisa dimasuki oleh 800 jemaat, kemudian di samping itu mungkin sekitar 400 orang, jadi totalnya kurang lebih ya 2000 jemaat. Ditambah dengan yang di depan, jadi sekitar 3000 jemaat. Itu sekali datang untuk 5 sesi," lanjut Romo Adam. (*)

Tombol Google News

Tags:

Persiapan Natal Natal Kota Malang Natal 2023 Gereja Katedral Ijen Gereja Katedral Santa Perawan Maria