GP Ansor Kembali Tolak Kajian Syafiq Riza Basalamah, Ini Penyebabnya!

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Mustopa

3 Maret 2024 12:54 3 Mar 2024 12:54

Thumbnail GP Ansor Kembali Tolak Kajian Syafiq Riza Basalamah, Ini Penyebabnya! Watermark Ketik
Ilustrasi GP Ansor dan Banser saat menertipkan kajian. (Foto: Dok. GP Ansor)

KETIK, SURABAYA – Gerakan Pemuda (GP) Ansor kembali menolak kajian Ustaz Syafiq Riza Basalamah di Masjid Al-Ikhas Jalan Tanjung Sadari Kelurahan Perak Barat Surabaya. Meski ada penolakan, pengajian tetap dilakukan setelah melakukan mediasi.

Dijelaskan Sekretaris GP Ansor Kota Surabaya Rizam Syafiq bahwa GP Ansor dan Banser tidak pernah membubarkan pengajian, hanya menolak tindakan provokatif dan materi ceramah yang menyinggung amaliyah NU.

"GP Ansor Krembangan berkomitmen menjaga situasi kondusif yang mengedepankan tabayun kepada pihak Yayasan Masjid Al-Ikhlas yang menyelenggarakan kajian Ustaz Syafiq Riza Basalamah dengan mengajukan surat keberatan," ucapnya pada Minggu (3/3/2024).

Rizam menambahkan Yayasan Masjid Al-Ikhlas merespon surat keberatan itu dengan mengeluarkan Surat Pernyataan Nomor B/19/S.PYT/II/2024 pada 1 Maret 2024.

Surat Pernyataan itu menyatakan akan memastikan pengajian Syafiq Riza Basalamah tidak akan menjelekkan atau menyinggung amaliyah NU. Surat itu juga menyatakan pengajian tidak akan bersifat provokatif.

"Pihak yayasan memastikan kajian Ustaz Riza Basalamah tidak akan menjelekkan dan/atau menyinggung amaliah Nahdlatul Ulama, tidak akan bersifat provokatif yang dapat menimbulkan perpecahan di kalangan umat lslam," ucap Rizam.

"Mereka juga siap bertanggung jawab jika kegiatan kajian melanggar poin pernyataan sebagaimana dalam surat pernyataan, juga akan melakukan tindakan pembubaran kajian agar tidak menimbulkan potensi konflik dan tetap menjaga ketertiban serta keamanan masyarakat," sambungnya.

Hasil tabayun dan musyawarah inilah, kata Rizam, yang juga menjadi landasan GP Ansor Surabaya untuk menjaga komitmen bersama dan mengawal kajian Ustaz Riza Basalamah.

Sehingga isi kajiannya tidak lagi menyinggung tradisi dan amaliah NU serta tidak provokatif.

GP Ansor dan Banser Kota Surabaya sempat mengadakan pertemuan degan Yayasan Masjid Al-Ichlas di Kantor Sekretariat Yayasan Masjid Al-Ichlas sekitar pukul 17.30.

Pertemuan itu dimediasi oleh sejumlah aparat kepolisian untuk memastikan komitmen bersama pengajian tidak akan menyinggung amaliyah serta tradisi NU.

Pengajian dimulai selepas salat Magribsekitar pukul 18.30 hingga 19.30 WIB. Sepanjang pengajian berlangsung, GP Ansor Kota Surabaya mengawal ceramah Syafiq Riza Basalamah agar berlangsung sesuai dengan kesepakatan.

Rizam mengaku komitmen itu tetap dijaga baik oleh Yayasan Masjid Al-Ichlas, Syafiq Riza Basalamah, dan jamaah.

"Kami meminta Saudara Syafiq Riza Basalamah tidak lagi berceramah yang penuh kontroversi dengan menyinggung
amaliyah maupun tradisi NU," pungkasnya.(*)

Tags:

GP Ansor Ustaz Syafiq Riza Basalamah Banser Sekretaris GP Ansor Kota Surabaya Rizam Syafiq Masjid Al Ikhlas