H+6 Lebaran Penumpang Pelabuhan Tanjung Perak Meningkat 30,68 Persen

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Marno

30 April 2023 08:17 30 Apr 2023 08:17

Thumbnail H+6 Lebaran Penumpang Pelabuhan Tanjung Perak Meningkat 30,68 Persen Watermark Ketik
Para penumpang sedang mengantre untuk naik ke atas kapal di pelabuhan Tanjung Perak, Sabtu (29/4/2023).( Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Total penumpang yang di pelabuhan Tanjung Perak Surabaya sejak H-15 hingga H+6 Lebaran (7 April - 29 April 2023) tercatat 132.241 Jiwa. Jumlah ini mengalami peningkatan sebesar 30,68 % dari Tahun 2022 pada periode yang sama yang hanya 101.198 Jiwa.

Menurut data dari Pelindo III selaku operator Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya untuk kedatangan didominasi oleh penumpang dari Balikpapan.

Sedangkan untuk keberangkatan tujuan favorit didominasi oleh tujuan Pelabuhan Lembar sebesar 29,71 % dengan jumlah 12.375 Jiwa. Jumlah penumpang naik dan turun didominasi berasal dari Pelabuhan Makasar sebesar 20.78 % dengan jumlah 27.673 Jiwa.

Mengantisipasi melonjaknya penumpang Kepala Pos Pelayanan Terpadu Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya Iptu Octavianus Mamoto mengatakan tugasnya dia  untuk membantu memperlancar kegiatan arus mudik maupun arus balik terutama untuk menanggulangi penumpukan penumpang.

"Jadi tugas kami di sini apabila terjadi penumpukan penumpang maka kami akan melakukan upaya untuk mengurai penumpukan tersebut agar arus penumpang dapat kembali lancar," ujanya.

"Salah satu upaya yang kami lakukan adalah dengan menempatkan personel di tempat-tempat yang rentan terjadi penumpukan penumpang," jelas Octavianus.

Foto Petugas sedang memeriksa tiket penumpang yang akan naik ke kapal,Sabtu (29/4/2023).(Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)Petugas sedang memeriksa tiket penumpang yang akan naik ke kapal,Sabtu (29/4/2023).(Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

Octavianus menambahkan ada beberapa barang bawaan penumpang yang dilarang dibawa di atas kapal. Hal ini tentu saja bertujuan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan perjalanan para penumpang.

"Untuk barang bawaan mungkin semua orang sudah tahu ya kalo di atas kapal dilarang membawa senjata tajam, minuman keras dan hewan peliharaan. Dan jika kami menemukan barang barang tersebut tentu akan kami amankan di pos," ujanya.

Sementara itu salah satu penumpang Lu'ayi saat ditemui Ketik.co.id, Sabtu (29/4/2023) mengatakan dirinya memilih pulang hari ini karena senin sudah mulai kembali bekerja. Pemudik asal Kediri ini akan kembali ke Dumai dengan menggunakan kapal Kelimutu milik PT Pelni.

"Jadi memang saya memilih kembali ke Dumai hari ini untuk kembali bekerja. Selain itu senin anak anak sudah kembali bersekolah," jelas Lu'ayi.(*)

Tombol Google News

Tags:

Arus Balik Idul Fitri pelindo III Pelabuhan Tanjung Perak Penumpang