Haniyah Achmad Safitri, Winner Miss Hijab Jabar 2024 Dorong Pengembangan UMKM

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: Muhammad Faizin

21 Mei 2024 20:15 21 Mei 2024 20:15

Thumbnail Haniyah Achmad Safitri, Winner Miss Hijab Jabar 2024 Dorong Pengembangan UMKM Watermark Ketik
Haniyah Achmad Safitri, Winner Miss Hijab Jabar 2024 (Foto: dok. pribadi)

KETIK, BEKASI – Haniyah Achmad Safitri (22), akrab dengan panggilan Haniyah, gadis cantik asal Kota Bekasi peraih Winner Miss Hijab Jabar 2024 mendorong pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Sehari-hari Haniyah bekerja sebagai foto dan videographer, asisten konsultan pajak, Design Grafis dan Modelling.

Selain itu dia memiliki hobi di antaranya, yaitu:
1. Membuat video cinematik, karya yang selalu dituangkan dari ide-ide kreatif dalam bentuk alur cerita film pendek
2. Travelling, karena dengan itu banyak menerima perspektif baru, kenal dengan orang baru, belajar banyak hal dan mengeksplor seni budaya di banyak daerah
3. Bermain musik dan menonton film, bermain gitar dan nonton membuatnya banyak inspirasi alur cerita dan ide project video

Foto Haniyah Achmad Safitri, Winner Miss Hijab Jabar 2024 bersama warga dalam mengembangkan UMKM (Foto: dok. pribadi)Haniyah Achmad Safitri, Winner Miss Hijab Jabar 2024 bersama warga dalam mengembangkan UMKM (Foto: dok. pribadi)

"Dari pengalaman dalam bidang sosial itulah yang saya angkat sebagai advokasi di Miss Hijab Jawa Barat 2024 yaitu gerakan meningkatkan kualitas produk dengan tagline maju UMKMnya, maju perekonomiannya, dari rakyat untuk masyarakat," kata Haniyah pada media Ketik.co.id, Selasa (21/05/2024).

Mahasiswa aktif di Universitas Islam As-Syafi’iyah dengan program studi Akuntansi ini menyampaikan bahwa UMKM memiliki potensi menjadi pilar utama dan berkontribusi besar bagi perekonomian Indonesia secara inklusif dan berkelanjutan.

Berikut penuturan Haniyah yang juga pemilik akun media sosial Instagram @haniyahas_, Tiktok @haniyahas21 dan Facebook @haniyahas dalam upaya menggerakkan potensi UMKM:

1. UMKM menjadi penggerak utama dalam pertumbuhn ekonomi lokal dengan menciptakan banyak lapangan pekerjaan dan meningkatkan pendapatan masyarakat.

2. ⁠Terus berinovasi dan kreatif dalam produk dan layanan mereka dan memanfaatkan teknologi untuk menciptakan solusi kebutuhan pasar yang terus berkembang.

3. Menggelar pelatihan yang diadakan nantinya bakal meningkatkan kualitas produk dan layanan mereka, sehingga mampu bersaing baik di pasar lokal maupun global.

4. ⁠Mengadopsi digitalisasi teknologi semakin luas dengan peningkatan kemampuan digital dan akses teknologi yang bisa meningkatkan efisiensi operasional, pemasaran, dan penjualan agar bisa beradaptasi dengan era digital.

5. Akses pendanaan dan modal diharapkan agar pemerintah dan lembaga keuangan dengan memberi akses pembiayaan yang lebih mudah dan terjangkau untuk UMKM dalam pengembangan usaha mereka.

6. Peningkatan kolaborasi antara UMKM, perusahaan besar, dan pemerintah untuk membuka peluang baru kemitraan strategis membantu UMKM berkembang lebih cepat.

7. Pemberdayaan masyarakat, dengan memberikan kesempatan bagi kelompok-kelompok yang kurang terwakili untuk berpartisipasi dalam aktivitas ekonomi.

8. Meningkatkan daya saing di pasar global, baik melalui ekspor produk maupun melalui partisipasi dalam rantai nilai global.

9. Regulasi yang mendukung, di mana pemerintah diharapkan terus mengembangkan regulasi dan kebijakan yang mendukung pertumbuhan UMKM, termasuk penyederhanaan perizinan, insentif pajak, dan perlindungan hukum.

Dengan langkah dan upaya ini Haniyah mengajak para generasi muda untuk mendukung perekonomian lokal dengan membeli produk dalam negeri yang berkualitas demi memajukan pengusaha lokal untuk berkembang. 

"Yuk, berkontribusi dalam memajukan ekonomi bangsa dengan membeli produk UMKM. Bersama kita bisa membuat perubahan nyata yang cinta akan produk dalam negeri. Mari kita berdedikasi, berinovasi, dan berkontribusi untuk negri.
Maju UMKMnya Maju Perekonomiannya!" tandasnya menutup penyampaian dengan nada penuh semangat.

Berikut prestasi yang telah diraih oleh Haniyah, yaitu:
1. Winner Miss Hijab Jawa Barat 2024
2. Favorit Miss Hijab Jawa Barat 2024
3. Duta Hijab Jawa Barat 2024

Adapun untuk pengalamannya, yaitu: 
1. Relawan Pajak Untuk Negeri (Renjani) dalam naungan Direktorat Jendral Pajak, membantu para wajib pajak untuk menjalankan kewajibannya.
2. ⁠Ketua bidang hubungan masyarakat Himpunan Mahasiswa Akuntansi 2023-2024 yang bertanggung jawab atas segala program kerja dengan keaktifan sosial media HIMSI, membuat design grafis mading online yang berisikan segala informasi baru dalam dunia akuntansi, membuat pamflet hari besar serta membuat video dan konten kreatif lainnya.
3. ⁠Aktif di bidang sosial pada lingkup remaja untuk membantu UMKM meningkatkan kualitasnya dengan branding produk yang dimiliki, dan mengedukasi digital marketing agar bisa memperluas jangkauan pasarnya.

Tags:

Haniyah Achmad Safitri mahasiswi Bekasi Winner Miss Hijab Jabar 2024 Cantik UMKM