Hasanuddin Wahid Serahkan 2.500 SK Beasiswa PIP untuk Warga Sukun Kota Malang

Jurnalis: Irwansyah
Editor: Naufal Ardiansyah

13 Desember 2023 15:19 13 Des 2023 15:19

Thumbnail Hasanuddin Wahid Serahkan 2.500 SK Beasiswa PIP untuk Warga Sukun Kota Malang Watermark Ketik
Penyerahan beasiswa PIP Aspirasi M Hasanuddin Wahid untuk warga Sukun Kota Malang. (Foto: Dok. Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi PKB, M Hasanuddin Wahid, membantu ribuan pelajar di Malang Raya mendapatkan beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP). 

Untuk Malang Raya, Cak Udin (sapaan akrabnya) mendistribusikan PIP Aspirasi sebanyak 45 ribu penerima. Di antaranya adalah 2.500 warga Sukun Kota Malang. 

PIP adalah bantuan berupa uang tunai, perluasan akses, dan kesempatan belajar dari pemerintah yang diberikan kepada peserta didik dan mahasiswa yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin untuk membiayai pendidikan. 

SK PIP Aspirasi M Hasanuddin Wahid ini diserahkan kepada penerima melalui acara ceremony yang digelar di Gedung Auditorium DPC PKB Kota Malang, Rabu (13/12/2023). 

Kegiatan tersebut dihadiri 580 peserta penerima PIP dari Sukun, Kota Malang. Acara penyerahan ini akan terus berlangsung setiap hari hingga mencapai total 2.500 penerima PIP dari Sukun Kota Malang. 

Hadir dalam kegiatan tersebut, mewakili Cak Udin adalah H. Fathol Arifin (Anggota F-PKB DPRD Kota Malang) dan H. Fathullah (Ketua DPC PKB Kota Malang). 

Cak Udin menyampaikan bahwa, program beasiswa PIP Aspirasi ini merupakan wujud kepedulian terhadap pemerataan akses pendidikan kepada masyarakat kurang mampu. 

Dengan demikian, ia berharap penerima PIP bisa memanfaatkan peluang belajar tanpa memikirkan biaya pendidikan. Tugas mereka adalah fokus belajar dan menatap masa depan yang lebih cemerlang. 

"Kita tidak ingin ada anak bangsa yang harus putus sekolah hanya karena biaya. Ini jangan sampai terjadi di negara kita," tegas pria yang juga Sekjen DPP PKB ini. 

Ia mengatakan, beasiswa PIP Aspirasi bisa menjadi jembatan bagi keluarga kurang mampu untuk mengantarkan putra-putrinya menjadi generasi emas yang berpendidikan, berakhlak, dan berdaya saing. 

"Silakan manfaatkan beasiswa ini sebaik mungkin untuk mengangkat derajat keluarga sehingga kelak menjadi generasi unggul penerus bangsa," ucapnya. 

Cak Udin yakin, dari sekian ribu penerima manfaat PIP ini, akan lahir pemimpin-pemimpin bangsa yang tidak hanya cerdas tapi juga memiliki visi besar untuk mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. 

"Saya yakin seyakin-yakinnya, dari penerima beasiswa PIP ini, nanti akan ada yang menjadi guru, dosen, pengusaha, bos BUMN, aktivis, dan profesi-profesi lainnya yang memberikan manfaat untuk banyak orang. Saya yakin orang-orang itu ada di antara penerima beasiswa ini," tuturnya. 

Ia memberikan semangat motivasi kepada pelajar Malang Raya untuk tiada henti belajar dan memperkaya pengalaman. Cak Udin juga mengingatkan bahwa saat ini adalah era kompetitif yang membutuhkan anak muda dengan jiwa kolaborasi. 

"Apalagi ini adalah era teknologi yang berkembang begitu pesat. Jangan sampai kita dikendalikan oleh teknologi. Manfaatkan teknologi untuk menggapai cita-cita," pungkasnya. 

Sementara itu, H Fathullah Ketua DPC PKB Kota Malang yang mewakili Cak Udin menyampaikan bahwa masyarakat penerima beasiswa PIP Aspirasi ini sangat bersyukur.

"Banyak yang datang kepada kami, pihak keluarga menyampaikan terima kasih khususnya kepada Cak Udin yang membantu sehingga anak mereka bisa melanjutkan pendidikannya," katanya. 

Siti Munawaroh, salah satu orang tua penerima beasiswa mengaku bahwa beasiswa yang didapat ini sangat bermanfaat dan akan digunakan sebaik mungkin. 

"Alhamdulillah Mas. Sangat terbantu. Bisa dibuat jahit seragam, beli tas dan sepatu sekolah. Banyak manfaatnya," tutur Siti. (*)

Tombol Google News

Tags:

Hasanuddin Wahid Beasiswa PIP Pendidikan Kota Malang Cak Udin DPR RI Komisi X Malang Raya