Hasil Survei Indeks ASN BerAKHLAK Pemkot Batu Tertinggi di Jatim

Jurnalis: Sholeh
Editor: Mustopa

6 Juni 2024 06:56 6 Jun 2024 06:56

Thumbnail Hasil Survei Indeks ASN BerAKHLAK Pemkot Batu Tertinggi di Jatim Watermark Ketik
Pj Wali Kota Batu bersama ASN dalam suatu kesempatan setelah Apel pagi. (Foto: Sholeh/Ketik.co.id)

KETIK, BATU – Pemerintah Kota Batu memperoleh kategori B dalam Indeks Implementasi BerAKHLAK dengan predikat Cukup Sehat dari Laporan Pengukuran Survei Pemetaan dan Pengukuran Budaya Kerja ASN dan Indeks BerAKHLAK TAhun 2023 yang dilakukan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Republik Indonesia.

Perolehan kategori B tersebut dengan presentase 64,30 persen atau dengan kata lain bahwa pegawai sudah mengimplementasikan nilai-nilai BerAKHLAK dalam perilaku kerja sehari-hari dengan baik.

Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai menjelaskan, capaian Pemerintah Kota Batu meningkat 5,10 persen jika dibandingkan hasil survei tahun 2022 sebesar 59,20 persen.

Bahkan capaian Pemkot Batu menjadi yang tertinggi dari 38 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur.

"Tentunya nilai berdasarkan survei ini sangat bermanfaat bagi Pemerintah Kota Batu untuk memetakan prioritas pekerjaan-pekerjaan dalam rangka mendorong birokrasi yang mengimplementasikan core value ASN Bangga Melayani Bangsa," kata Aries Kamis (6/6/2024).

Aries memberikan apresiasi dan terima kasih atas partisipasi ASN dan PPPK Pemkot Kota Batu karena telah melaksanakan Survei Indeks BerAKHLAK yang dilaksanakan secara daring melalui laman https://sib.menpan.go.id pada rentang waktu tahun 2023 kemarin.

“Peningkatan nilai yang diperoleh tahun 2023 yang lebih baik dibanding dengan capaian tahun sebelumnya, menunjukkan adanya perbaikan," Aries menambahkan.

"Namun dari nilai tersebut juga masih memerlukan berbagai upaya lebih lanjut untuk mencapai tingkat Kesehatan Budaya Organisasi yang lebih bai," jelasnya. 

Untuk mencapai tingkat kesehatan budaya organisasi yang baik, urai Aries, di antaranya adalah terus mendorong tata kelola penyelenggaraan pemerintahan yang maju, inovatif dengan mendorong penguatan pemanfaatan teknologi informasi untuk mendorong peningkatan pelayanan publik di Kota Batu.

"Survei tersebut dilakukan untuk mengetahui indeks BerAKHLAK seluruh ASN di Indonesia, yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kesehatan budaya organisasi," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu BerAKHLAK Aries Agung Paewai KemenPAN-RB