Hati-hati, Ada Tiang Listrik di Tengah Jalan Ikan Tombro Kota Malang

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Gumilang

20 Desember 2023 09:05 20 Des 2023 09:05

Thumbnail Hati-hati, Ada Tiang Listrik di Tengah Jalan Ikan Tombro Kota Malang Watermark Ketik
Tiang listrik yang berada di tengah Jalan Ikan Tombro. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang telah memperluas jalan yang ada di Jalan Ikan Tombro, Sudimoro. Usai pengaspalan, ternyata terdapat tiang listrik yang berdiri tegak di tengah jalan.

Ada empat tiang listrik yang berdiri bertabrakan dengan aspal jalan. Kondisi tersebut tentu membuat bingung pengendara jalan. Kepala DPUPRPKP Kota Malang, Dandung Djulharjanto menjelaskan pemindahan tiang listrik masih menunggu eksekusi dari PLN Kota Malang.

"PLN sudah ke kantor, koordinasi, dan sudah terprogram dari PLN bahwa nanti mau dipindahkan. Di situ kan ada empat tiang, paling tidak prioritas yang harus dipindahkan ada tiga tiang. Jadi mereka (PLN Kota Malang) sudah punya program untuk memindahkan," ujar Dandung saat ditemui pada Rabu (20/12/2023).

DPUPRPKP Kota Malang sendiri tidak memiliki kewenangan dalam penggeseran tiang listrik. Pihaknya pun belum mendapatkan kepastian atas pelaksanaan yang akan dilakukan oleh PLN Kota Malang.

"Kami tidak bisa memindahkan, kami juga tidak bisa menganggarkan karena itu bukan aset Pemkot Malang. Sama seperti irigasi, kita tidak bisa melakukan perbaikan irigasi karena itu asetnya provinsi," paparnya.

Sebelum pelebaran Jalan Ikan Tombro dilakukan, DPUPRPKP Kota Malang telah berkoordinasi dengan PLN. Namun Dandung mengingatkan bahwa masing-masing instansi memiliki kebijakan dan ketersediaan anggaran yang berbeda.

"Kita punya kebijakan masing-masing. Ketersediaan anggaran mereka seperti apa juga kita tidak tahu. Tapi sudah kita koordinasikan sebelum pelaksanaan. Kota pasti untuk jalan, drainase, itu koordinasi dengan PLN, PDAM, Telkom, termasuk dengan provider seluler," tambahnya.

Sementara ini untuk mengantisipasi kecelakaan, pihaknya telah memberikan penanda sebagai bentuk peringatan terhadap pengguna jalan.

"Sementra kita kasih pengaman, kita kasih tanda. Paling tidak kita kasih peringatan semua orang yang melewati situ tahu bahwa ada tiang. Kita pakai stiker spolite, itu stiker nyala," terang Dandung.

Saat ini tiang listrik yang berada di tengah jalan tersebut mulai dilakukan pemindahan pada Rabu (20/12/2023) sore. Dari video yang beredar di sosial media, terdapat beberapa petugas yang terlihat telah berada di lokasi dan mulai merapikan kabel-kabel yang ada.(*)

Tombol Google News

Tags:

Jalan Ikan Tombro tiang listrik di tengah jalan tiang listrik Sudimoro Kota Malang DPUPRPKP Kota Malang