Hati-hati Inilah 6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari Ibu Hamil

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

4 Mei 2024 23:45 4 Mei 2024 23:45

Thumbnail Hati-hati Inilah 6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari Ibu Hamil Watermark Ketik
Ilustrasi ibu hamil. (Foto; freepik)

KETIK, JAKARTA – Saat sedang hamil ibu memang harus menjaga asupan makanannya. Hal ini sangat oemting karena berkaitan langsung dengan kesehatan si jabang bayi. Saat hamil sang ibu harus banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral penting agar pertumbuhan janin dalam kandungan dapat terjaga.

Melansir Medicine Net, ibu yang sedang hamil disarankan untuk menjauhi makanan mentah. Hal ini bukan tanpa alasan, karena makanan yang masih mentah memiliki resiko membawa bakteri maupun virus yang dapat menyebabkan infeksi dan dapat menular ke janin.

Berikut ini kami ulas beberapa makanan mentah yang sebaiknya dihindari ibu hamil demi kesehatan sang buah hati.

1. Daging merah

Daging merah baik itu berasal dari sapi, kambing, domba atau bahkan unggas lainnya sebaiknya dihindari. Hal ini karena daging merah mentah bisa menjadi tempat berkembang biak bakteri E. coli dan toksoplasmosis yang berbahaya bagi janin dalam kandungan. Untuk itu, makanan ini harus sangat dihindari.

Foto Ilustrasi daging merah. (Foto: Pexels)Ilustrasi daging merah. (Foto: Pexels)

Jika tetap ingin makan daging merah sebaiknya masak terlebih dahulu hingga matang. Hal ini penting untuk menjamin bakteri yang ada di dalamnya ikut mati melalui proses pemasakan.

2. Telur mentah

Usahakan selama hamil tidak konsumsi makanan dengan telur mentah. Hal ini bisa membuat bakteri salmonella menular kepada janin dalam kandungan. Untuk itu, telur mentah harus dihindari.

3. Sushi

Siapa yang tidak kenal dengan sushi, makanan asal Jepang ini diketahui memiliki banyak penggemar karena rasanya yang enak. Akan tetapi bagi wanita hamil sebaiknya hindari mengkonsumsi sushi untuk sementara waktu.

Hal ini lantaran sushi berisiko terkontaminasi bakteri vibrio vulnificus yang berisiko sebabkan infeksi saat hamil. 

4. Kerang

Konsumsi kerang mentah juga bisa sebabkan gangguan. Kerang dapat berisiko tinggi adanya E. coli dan salmonellosis.

5. Daging yang diawetkan

Hal lain yang harus dihindari ibu hamil yakni daging yang diawetkan secara dingin. Hal ini karena daging tersebut berisiko terkontaminasi parasit toksoplasmosis yang berbahaya bagi kesehatan bayi.

6. Susu yang tidak dipasteurisasi

Susu merupakan salah satu minuman yang penting bagi ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan gizinya. Akan tetapi susu yang dikonsumsi harus susu yang sudah dipasteurisasi. Hal ini karena susu yang tidak dipasteurisasi beresiko menyebabkan kontaminasi listeria yang berdampak bagi kesehatan ibu hamil.(*)

Tombol Google News

Tags:

ibu hamil kesehatan makanan yang dihindari janin dahing merah Sushi kerang telur mentah