Hati-hati, Inilah Resiko Semir Ban jika Dilakukan Asal-asalan

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

26 Januari 2024 23:15 26 Jan 2024 23:15

Thumbnail Hati-hati, Inilah Resiko Semir Ban jika Dilakukan Asal-asalan Watermark Ketik
Ilustrasi ban mobil. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, JAKARTA – Ban merupakan salah satu komponen penting dari kendaraan. Oleh sebab itu diperlukan perawatan yang benar agak performanya tetap prima. Akan tetapi merawat ban hanya sebatas menjaga kebersihannya saja. Namun diluaran banyak pengendara yang melakukan semir ban agar tampilan lebih mengkilap.

Menyemir ban sebenarnya memiliki manfaat yang baik dimana membuat tampilan ban tampak bersih dan mengkilap sehingga dapat menanbah rasa percaya diri pengendaranya saat digunakan dijalanan.

Akan tetapi pengendara harus berhati-hati karena semir ban berpotensi membuat ban terasa licin. Oleh sebab itu dalam melakukan semir ban lebih baik hanya sebatas pada bagian dindingnya, hindari menyemir dibagian telapak ban karena akan membuat licin.

Selain itu pemilihan bahan semir juga penting karena jika asal asalan akan membuat ban cepat rusak. Disarankan memilih semir yang berbahan dasar silicon agar dapat membuat tampilan ban menjadi kinclong. 

Meskipun semir ban memiliki manfaat lain, pemilik mobil harus berhati-hati saat memilih semir ban. Biasanya, perbedaannya ada di aroma, dan prinsip kerjanya juga sama, yaitu untuk mengkilapkan ban motor dan menutup pori-pori yang terbuka.

Berikut beberapa dampak negatif dari semir ban yang menggunakan bahan kimia berbahaya.

1. Ban menjadi kusam

Efek buruk yang pertama adalah warna ban akan menjadi lebih kusam dari sebelumnya. Hal ini akan terlihat saat pemgendara mengaplikasikan semir ban secara berlebihan. Selain menjadi kusam ban juga bisa terlihat belang karena penggunaan yang tidak merata.

2. Ban mudah retak

Pemakaian semir pada ban juga akan membuat komponen kendaraan bisa menjadi getas atau retak. Hal ini terjadi apabila semir yang digunakan memiliki kualitas kurang bagus.

Oleh sebab itu saat membeli semir ban usahakan memilih yang memiliki kualitas baik. Dan jangan sungkan untuk meminta pendapat ahli otomotif mengenai cara semir ban yang tepat agar tidak merusak.

3. Lebih licin

Seperti yang disebutkan sebelumnya jika semir ban beresiko membuat ban terasa lebih licin. Ban yang licin tentu saja berbahaya saat digunakan di jalanan karena dapat memicu kecelakaan.

Oleh sebab itu usahakan menyemir ban hanya pada bagian dindingnya saja, jangan aplikasikan ke area tapak ban karena berbahaya.(*)

Tombol Google News

Tags:

otomotif Semir ban resiko ban licin perawatan ban Bahan Kimia
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 04. Home Sidebar 1