Heroik! Tim Manggala Agni Selamatkan Pemukiman Warga dari Api di Ogan Ilir Sumsel

Jurnalis: Bubun Kurniadi
Editor: M. Rifat

30 Agustus 2023 15:00 30 Agt 2023 15:00

Thumbnail Heroik! Tim Manggala Agni Selamatkan Pemukiman Warga dari Api di Ogan Ilir Sumsel Watermark Ketik
Tim Manggala Agni padamkan api di lahan terbakar seluas 15 hektare di Desa Ibul, kecamatan Pemulutan Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumsel (29/8/2023). (Foto: Kurniadi/Ketik.co.id)

KETIK, PALEMBANG – Tim Manggala Agni Daops Sumatera XIV/Banyuasin, Kantor BPPI KHL Wilayah Sumatera berhasil memadamkan Api kebakaran lahan kering yang mengepung rumah warga dan Masjid di Desa Ibul 3, Kecamatan Pemulutan, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Selasa (29/8/2023).

Kejadian kebakaran lahan yang berlangsung sekitar pukul 11.30 wib itu membuat warga yang rumahnya terkepung Api harus mengevakuasi barang berharga di tempat tinggal mereka.

Personil Manggala Agni yang datang tepat pada waktunya di lokasi kejadian langsung berupaya memadamkan api yang telah membesar dan hendak menyambar rumah warga.

Diriingi teriakan histeris warga, para anggota tim pengendalian kebakaran hutan dan arana prasarana daops Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan itu langsung menyiram dan menyerang api yang tengah berkobar.

"Pak rumah saya tolong pak bagaimana ini," teriak seorang ibu yang membawa barangnya keluar dari rumah kayu yang nyaris disambar Api.

Dengan kompak, petugas Manggala Agni bersama satgas karhutla dalam hitungan 30 menit mampu memukul mundur api yang hendak merambat oleh hembusan angin yang cukup kencang itu.

"Amankan pemukiman warga, sisir terus sampai ketitiknya dan padamkan," teriak Masri, Komandan Regu, Pondok Kerja Daops Sumatera XIV/Banyuasin kepada rekan-rekannya sambil membawa selang tambahan untuk mengalirkan Air.

Tak lama berselang, api yang meyulut lahan kering itupun jinak dan dapat padam pada titik pertama lahan seluas 15 hektare yang terbakar.

Anggota Manggala Agni pun berlanjut memadamkan titik kedua. Lokasi ini diketahui tempat kali pertama api muncul. Jaraknya hanya berkisar 500 meter dari lokasi pertama.

"Apinya ini berasal dari dekat pipa minyak Pertamina deket Tol. Kita harus cepat padamkan," ucap Masri pada rekan rekan Personil Manggala Agni yang pakaiannya telah terlihat hitam akibat sisa bakaran lahan.

Sambutan ali setinggi 3 meter tak menyurutkan personil Manggala Agni untuk menyerang Api dengan air yang disedot dari embung dekat di titik lokasi kedua.

"Serang titik, padamkan juga wilayah dekat pemakaman tua itu, termasuk yang membakar pipa minyak," ucap Masri setiba di lokasi kedua.

Dua jam berselang Api pun padam dan petugas dapat menjinakkan Api yang telah membakar lahan seluas 15 hektare itu.

"Alhamdulillah, semua terkendali dan Api padam, saya mengingatkan agar warga masyarakat tidak melakukan pembukaan lahan dengan cara membakar," himbau Masri.(*)

Tombol Google News

Tags:

Karhutla Sumsel karhutla 2023 Karhutla Sumatera Selatan Mandala agni