HUT Bhayangkara ke-78, Danrem 072/Pamungkas Hadiri Baksos dan Bakti Religi Polri di Gunungkidul

Jurnalis: Fajar Rianto
Editor: M. Rifat

25 Juni 2024 20:01 25 Jun 2024 20:01

Thumbnail HUT Bhayangkara ke-78, Danrem 072/Pamungkas Hadiri Baksos dan Bakti Religi Polri di Gunungkidul Watermark Ketik
Peringati HUT Bhayangkara ke-78, Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, SIK, M,Selasa (25/6/2024) menyerahkan bantuan sosial dan memimpin bakti sosial dan bakti religi di Gunungkidul. (Foto: Bidhumas Polda DIY/Ketik.co.id)

KETIK, YOGYAKARTA – Memperingati Hari Bhayangkara ke-78 tahun 2024. Polda DIY, Selasa (25/6/2024) menggelar bakti sosial (baksos) dan bakti religi dengan melibatkan berbagai elemen masyarakat. Salah satunya berlangsung di Mushola Nurul Hikmah, Padukuhan Klepu, Kalurahan Banyusoco, Kapanewon Playen, Gunungkidul.

Acara ini diawali dengan Zoom Virtual bersama Kapolri yang diikuti oleh Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, SIK, MH, pejabat utama Polda DIY lainnya, Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Zainul Bahar, SH, MSi, Kepala Kejaksaan Tinggi DIY Ahelya Abustam, SH, MH, serta Bupati Gunungkidul, H. Sunaryanta.

Puncak acara Hari Bhayangkara ke-78 dilaksanakan serentak dan terpusat di Mabes Polri dan dilakukan penyerahan bantuan sosial secara simbolis oleh Kapolri Jenderal Polisi Drs Listyo Sigit Prabowo M.Si, dan diikuti interaksi langsung secara virtual dengan Polda jajaran

Dalam kesempatan di Gunungkidul ini Kapolda DIY menyerahkan bantuan sosial di lokasi acara serta memimpin pelaksanaan bakti sosial dan bakti religi.

Dalam sambutannya Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan menyampaikan pentingnya peran Polri dalam mendukung transformasi ekonomi nasional melalui tema "Polri Presisi Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan menuju Indonesia Emas 2045".

Sedangkan Bupati Gunungkidul H Sunaryanta menyampaikan ucapan selamat HUT Bhayangkara ke-78 serta apresiasi atas peran Polri dalam menjaga keamanan dan mendapatkan kepercayaan masyarakat.

Sebagai upaya Polri untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mempererat hubungan dengan komunitas lokal dan membantu warga yang membutuhkan. Dalam kesempatan ini Kapolda DIY melepas mobil tangki air bersih menuju wilayah Kapanewon Panggang.

Mobil itu bertugas menyalurkan bantuan bedah mushola. Serta secara simbolis menyerahkan 200 paket sembako untuk warga yang membutuhkan di wilayah Gunungkidul.

Terpisah Kabid Humas Polda DIY Kombes Pol Nugroho Arianto, SIK MH mengatakan kegiatan tersebut merupakan wujud nyata kepedulian Polri terhadap masyarakat. Terutama dalam meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat di wilayah DIY.

Ia sebutkan pula dengan kegiatan bakti sosial dan bakti religi ini, diharapkan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan dan mempererat hubungan antara Polri dan masyarakat.

Menurut Kombes Pol Nugroho selain di Gunungkidul, dalam waktu yang bersamaan Polda DIY juga melakukan bakti sosial dan religi di Kota Yogyakarta. Bakti sosial dan bedah rumah di Sleman. Serta pemberian fasilitas air bersih di Bantul dan Kulonprogo. Di harapkan kegiatan tersebut dapat menumbuhkan rasa solidaritas dan gotong royong di kalangan masyarakat.

"Kegiatan ini merupakan bentuk nyata dari komitmen Polri untuk selalu hadir di tengah-tengah masyarakat, memberikan bantuan dan dukungan yang dibutuhkan," pungkas Kombes Pol Nugroho.

Hadir dalam kegiatan ini Forkopimda Kabupaten Gunungkidul, di antaranya Dandim 0730/Gunungkidul Letkol Inf Roni Hermawan, Kapolres Gunungkidul AKBP Edi Bagus Sumantri, SIK, PJU Polres Gunungkidul, Panewu Playen Agus Sumaryono, SIP. Beserta 50 warga masyarakat penerima bantuan sosial.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan peletakan batu pertama rehabilitasi Mushola Al Hikmah, yang dilakukan oleh Kapolda DIY dan Bupati Gunungkidul. (*)

Tombol Google News

Tags:

kapolri Polda DIY Kapolda DIY Hari Bhayangkara Ke-78 Danrem 072/Pamungkas Bakti sosial (baksos) dan bakti religi Bupati Gunungkidul Bidhumas Polda DIY Forkopimda Gunungkidul