Idul Adha Sebulan Lagi, Pedagang Hewan Kurban Mulai Berdatangan di Surabaya

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

25 Mei 2024 06:36 25 Mei 2024 06:36

Thumbnail Idul Adha Sebulan Lagi, Pedagang Hewan Kurban Mulai Berdatangan di Surabaya Watermark Ketik
Hewan kurban yang dijajakan salah satu pedagang di Surabaya untuk Idul Adha (25/5/2024). (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Hari Raya Idul Adha 2024 masih sebulan lagi. Tepatnya jatuh pada 17 Juni mendatang. Akan tetapi, di beberapa jalanan di kota Surabaya sudah mulai banyak ditemui para pedagang hewan kurban yang menjajakan dagangannya.

Salah satunya adalah Deny Setiawan. Warga asal Surabaya ini setiap tahun menjelang Idul Adha selalu beralih profesi menjadi penjual hewan ternak, baik itu sapi maupun kambing.

Dagangannya terletak di jalan Mayjen Sungkono. Ada puluhan sapi dan kambing yang dia tawarkan kepada para pengguna jalan.

Hewan-hewan ternak itu didapat dari sejumlah peternak dari beberapa wilayah di Jawa Timur khususnya Madura. Semua hewan ternak tersebut sudah menjalani vaksinasi untuk memastikan kesehatannya.

"Iya setiap tahun saya selalu jualan di sini. Biasanya memang 3 minggu sebelum hari H sudah mulai jualan," jelasnya kepada Ketik.co.id, Jumat (24/5/2024).

"Saya selalu ngambil hewan yang sudah vaksinasi agar lebih aman untuk pelanggan," imbuhnya .

Lebih lanjut, jika dibandingkan harga hewan kurban tahun ini memang mengalami kenaikan yang cukup signifikan terutama untuk sapi. Harga sapi sendiri dimulai dari Rp17 juta hingga Rp50 juta, tergantung dari besar kecilnya.

Sedangkan untuk kambing harganya dimulai dari Rp 2,5 juta hingga Rp 5 juta. "Untuk harga ini tentunya ada kenaikan ya, kalo sapi ada kenaikan sekitar Rp3 juta an, kalau Kambing kenaikannya sedikit paling sekitar Rp 400 ribu an," tambahnya.

Pria yang sehari-hari berprofesi sebagai tukang jagal hewan ini menuturkan momen-momen paling ramai pembeli biasanya terjadi saat mendekati Hari Raya Idul Adha. Biasanya momen tersebut terjadi pada 2 minggu menjelang hari-H.

"Ini kan saya baru buka kemarin jadi belum rame, biasanya ramai 2 minggu sebelum Idul Adha. Bahkan bisa sampai habis," tuturnya.

Dalam sekali masa berjualan seperti ini, Deny bisa mengantongi omset hingga ratusan juta rupiah. Namun tentu saja uang yang didapat masih dibagi dengan beberapa peternak lain yang menitipkan dagangannya di sini.

"Ya tapi masih dibagi-bagi sama teman yang lain. Karena hewan kurban ini kan bukan punya saya semua," pungkasnya.(*)

Tags:

Idul adha Hewan kurban Peternak sapi Kambing pedagang
04. Home Sidebar 1
05. Home Sidebar 2
04. Home Sidebar 1