Imbas Gempa Tuban, Beberapa Bangunan Surabaya Rusak Termasuk RS Unair

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Muhammad Faizin

22 Maret 2024 13:11 22 Mar 2024 13:11

Thumbnail Imbas Gempa Tuban, Beberapa Bangunan Surabaya Rusak Termasuk RS Unair Watermark Ketik
Potret sejumlah bangunan rusak di Surabaya akibat guncangan gempa. (Foto: Tangkapan Layar video WA Group)

KETIK, SURABAYA – Sejumlah bangunan di Surabaya dilaporkan rusak, imbas Gempa Magnitudo 6,4 Tuban. Kerusakan tersebut terjadi di sejumlah titik yakni di Tambak Adi, Tanjung Perak Surabaya, Ngaglik dan Tambak Asri. Bangunan yang rusak tersebut berupa rumah dan rumah sakit.

“Satu rumah roboh di Jalan Ngaglik No.53, dari kejadian tersebut satu orang mengalami luka-luka,” kata Kabid Darlog BPBD Surabaya Buyung Hidayat.

Selain itu, BPBD Surabaya juga menerima laporan bangunan runtuh di Rumah Sakit Pendidikan Unair Surabaya.

“Command Center 112 Surabaya menerima laporan adanya bangunan runtuh di salah satu gedung Rumah Sakit Unair pasca kejadian gempa,” jelas Buyung.

Dalam sebuah video amatir, kondisi dua bangunan roboh di RS Unair pasca gempa. Pondasi bangunan yang ambruk juga menimpa dua sepeda motor.

Para tenaga kesehatan (nakes) telah mengevakuasi pasien di halaman rumah sakit. Buyung menegaskan, bangunan gedung yang roboh di Unair tidak menimbulkan korban jiwa.

“Dua bangunan gedung runtuh dan dua kendaraan motor tertimpa, tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian ini,” bebernya.

BPBD Surabaya belum mendata secara detail terkait total bangunan yang rusak dan potensi jumlah korban di Surabaya.

Buyung mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak berada di dalam gedung untuk sementara waktu.  Mengingat potensi gempa susulan bisa terjadi di Surabaya dan sekitarnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

gempa bangunan Surabaya ambruk kerusakan gempa Gempa Tuban magnitudo 6 bangunan Surabaya rusak