Ini 10 Destinasi Prioritas Pariwisata Indonesia, Berangkaaat!

Jurnalis: M. Rifat
Editor: Marno

30 Juli 2023 04:35 30 Jul 2023 04:35

Thumbnail Ini 10 Destinasi Prioritas Pariwisata Indonesia, Berangkaaat! Watermark Ketik
Kawasan Pantau Kuta Mandalika. (Foto: Kemenparekraf)

KETIK, JAKARTA – Beberapa wiayah didaulat menjadi Bali Baru oleh pemerintah Indonesia. Lokasi-lokasi itu jelas memiliki keunikan khas wisata tak terlupakan seperti Bali. Berikut 10 destinasi prioritas pariwisata Indonesia dikutip dari website Kemenparekraf.

1. Mandalika, Nusa Tenggara Barat 

Mandalika memiliki pesona alam yang tiada tandingannya. Pantai dan bukit yang indah akan melengkapi liburan Anda.

Pilihan pantai aduhai bisa ditemukan di Mandalika. Di antaranya Pantai Seger, Pantai Serenting, Pantai Mawi, Pantai Kuta Mandalika, dan Pantai Tanjung Aan.

Sedangkan buat menjelajahi budaya yang kaya makna, coba kunjungi Desa Sade dan Desa Ende. Anda akan melihat proses pembuatan kain tenun songket, tradisi, hingga tarian adat yang super menarik.

2. Pulau Morotai, Maluku Utara

Pulau yang menyimpan sejarah Perang Dunia II. Terdapat 33 pulau kecil indah di Morotai.

Di antaranya pulau Kolorai, pulau Ngele-ngele Kecil dan Besar, pulau Golo-golo, pulau Rap, serta pulau Saminyamau. Pulau ini dijuluki 'Mutiara di Bibir Pasifik'.

3. Tanjung Kelayang, Kepulauan Bangka Belitung

Pantai pasir putih tercantik dengan pemandangan eksotis batuan tinggi, anda dapat jalan kaki dan berenang bersama ikan dari dekat. Anda juga akan disuguhkan air yang jernih berwarna biru kehijauan dan ombak yang tenang.

4. Danau Toba, Sumatera Utara

Tercatat sebagai danau terbesar di Asia Tenggara, dan nomor 2 terbesar di dunia. Di area Danau Toba juga terdapat objek wisata air terjun tertinggi di Indonesia, yaitu air terjun Sipiso-piso.

5. Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Hampir sekitar 90 persen jenis karang di dunia terdapat di Wakatobi. Sehingga dikenal sebagai surganya bawah laut, dan salah satu world class diving site.

Wakatobi ditetapkan sebagai Cagar Biosfer Bumi ke-8 oleh UNESCO (2012).  Setidaknya terdapat 750 dari total 850 spesies koral dunia yang hidup di perairannya.

6. Borobudur, Jawa Tengah

Candi Borobudur dikenal candi terbesar di dunia yang ada sejak 750 Masehi. Di balik kemegahan Candi Borobudur, Anda juga dapat melihat panorama pegunungan indah.

7. Kepulauan Seribu, DKI Jakarta

Memiliki sekitar 110 pulau, setiap pulau menyuguhkan pemandangan yang berbeda-beda. Mulai dari budidaya Mangrove, wisata air, snorkeling, hingga surga selam.

8. Tanjung Lesung, Banten

Tidak hanya unggul dari keindahan alamnya, Tanjung Lesung juga memiliki banyak fasilitas menarik. Seperti water sports, snorkeling dan diving, hingga berburu sunrise di pesisir pantai.  

9. Bromo, Jawa Timur

Salah satu gunung terkenal di Jawa Timur dengan ketinggian 2.393 mdpl, yang seakan berada di negeri atas awan. Di sini, Anda dapat menikmati matahari terbit ditemani dengan pemandangan padang rumput dan bunga-bunga cantik.

10. Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur

Surga bawah laut yang tidak ada tandingan. Adanya fasilitas snorkeling dan diving membawa setiap wisatawan bisa menikmati surga bawah laut dengan melihat berbagai biota laut.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kemenparekraf Wisata prioritas