Ini 4 Manfaat Mengkonsumsi Nasi Porang untuk Kesehatan, Catat!

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

21 Desember 2023 02:55 21 Des 2023 02:55

Thumbnail Ini 4 Manfaat Mengkonsumsi Nasi Porang untuk Kesehatan, Catat! Watermark Ketik
Ilustrasi nasi porang. (Foto: Shutterstock)

KETIK, JAKARTA – Nasi Porang saat ini makin populer digunakan sebagai alternatif nasi putih untuk diet. Seperti dikutip dari Ensiklopedi Budidaya Tanaman Porang karya Siti Nur Aidah dan Tim Penerbit KBM Indonesia, tumbuhan ini dapat diolah menjadi campuran berbagai produk makanan. Mulai dari kue, roti, es krim, jeli, selai, juga alternatif pengganti nasi putih.

Berikut ini adalah beberapa manfaat mengkonsumsi nasi porang. Dirangkum dari berbagai sumber

1. Berguna meningkatkan kesehatan

Nasi porang mengandung zat glukomanan tinggi yang mampu mengontrol berat badan, mengatasi diabetes, hingga mengontrol kadar kolesterol. Secara keseluruhan, nasi porang membantu menjaga kesehatan tubuh, apabila dikonsumsi secara rutin tentunya jika dibarengi dengan makanan sehat dan rendah kalori lainnya.

2. Baik bagi pencernaan

Menurut penelitian makanan kaya glukomanan baik untuk memperlancar pemcernaan. Selain itu makanan ini juga berguna untuk prebiotik.

3. Mengurangi masalah kulit

Konjac atau porang diketahui punya khasiat mengatasi hiperpigmentasi, kemerahan, kekeringan dan gatal-gatal pada kulit. Sebab konjac merupakan sumber ceramide, atau juga dikenal dengan lipid, yang memegang peran penting untuk mencegah kulit kering dan bersisik.

4. Membantu Diet Penurunan Berat Badan

Makanan terbuat dari konjac, termasuk nasi porang, banyak dijadikan sebagai menu diet karena dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama. Konsumsi nasi porang dapat mengurangi keinginan untuk ngemil dan makan berlebihan.(*)

Tombol Google News

Tags:

Nasi porang kesehatan Pencernaan diet berat badan