Ini Alasan Google Doodle Tampilkan Gambar Kapal Pinisi

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

7 Desember 2023 04:01 7 Des 2023 04:01

Thumbnail Ini Alasan Google Doodle Tampilkan Gambar Kapal Pinisi Watermark Ketik
Tampilan kapal pinisi di Google Doodle hari ini (Foto: tangkapan layar Google)

KETIK, JAKARTA – Google Doodle menampilkan gambar kapal pinisi asal Indonesia, Kamis (7/12/2023). Kapal Pinisi sendiri sudah sejak dahulu dikenal sebagai salah satu warisan budaya asal Indonesia, tepatnya dari suku Bugis-Makassar di Sulawesi Selatan.

Dalam gambar yang ditampilkan di Google Doodle terlihat kapal pinisi berlayar di halaman utama situs pencarian Google. Kapal pinisi telah digunakan oleh suku Bugis-Makassar untuk berlayar sejak tahun 1500-an. Kapal ini memiliki ciri khas berupa layar dan dua tiang utama.

Kemunculan gambar kapal pinisi ini merupakan bentuk peringatan pertama kali diakuinya kapal pinisi sebagai warisan budaya oleh UNESCO pada 7 Desember tahun 2017 lalu. 

Kapal Pinisi diakui telah menjadi bagian seni berlayar wilayah kepulauan yang tak ternilai. Pembuatan Kapal Pinisi masih bisa ditemui di beberapa wilayah Sulawesi Selatan, yaitu di Tana Beru, Bira, dan Batu Licin di Kabupaten Balukumba. 

Bukan sekadar alat transportasi laut, proses pembuatan kapal pinisi sarat akan budaya, nilai sosial dan filosofi yang merefleksikan kehidupan suku Bugis-Makassar. yaitu kerja bersama, bekerja keras, keindahan, serta penghargaan terhadap lingkungan alam. 

Hingga saat ini, warisan pembuatan kapal Sulawesi Selatan masih terus berkembang. Saat ini, perahu pinisi menjadi pilihan utama untuk perjalanan memancing dan ekspedisi wisata.(*)

Tombol Google News

Tags:

google doodle warisan budaya Unesco suku Bugis-Makassar Tradisi kapal pinisi