Ini Alasan Gubernur Jatim Gelar Upacara Hari Sumpah Pemuda di Blitar

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Naufal Ardiansyah

28 Oktober 2023 03:37 28 Okt 2023 03:37

Thumbnail Ini Alasan Gubernur Jatim Gelar Upacara Hari Sumpah Pemuda di Blitar Watermark Ketik
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat memimpin upacara Hari Sumpah Pemuda di Blitar. (Foto: Favan Abu Ridho/Ketik.co.id)

KETIK, BLITAR – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, menghadiri upacara peringatan hari Sumpah Pemuda ke-95 dengan tema Bersama Majukan Indonesia di Kanigoro, Kabupaten Blitar, Sabtu (28/10/2023). 

Dalam sambutannya, Khofifah menyampaikan upacara peringatan hari sumpah pemuda ini adalah sebagai bentuk mengkhidmati perjuangan pemuda-pemuda Indonesia. 

Foto Forkopimda Jatim dan pejabat utama menghadiri upacara Sumpah Pemuda di Blitar. (Foto: Favan Abu Ridho/Ketik.co.id)Forkopimda Jatim dan pejabat utama menghadiri upacara Sumpah Pemuda di Blitar. (Foto: Favan Abu Ridho/Ketik.co.id)

Khofifah menyebutkan Kota Blitar merupakan tempat lahirnya seorang pemuda yang mengusulkan naskah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ditandatangani oleh Soekarno-Hatta atas nama bangsa Indonesia. 

"Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ditandatangani oleh Soekarno-Hatta atas nama bangsa Indonesia dan adalah Sukarni Kartodiwirjo Pemuda asal Blitar yang lahir pada 14 Juli 1916," ujarnya saat sambutan Upacara Hari Sumpah Pemuda. 

Foto Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menjadi Inspektur Upacara di Hari Sumpah Pemuda di Blitar. (Foto: Tangkapan Layar Youtube Kominfo Jatim)Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menjadi Inspektur Upacara di Hari Sumpah Pemuda di Blitar. (Foto: Tangkapan Layar Youtube Kominfo Jatim)

Tak hanya itu, Blitar juga karena memiliki kaitan erat dengan perjuangan bangsa Indonesia salah satunya sebagai tempat dimakamkannya Proklamator Kemerdekaan Republik Indonesia Insinyur Soekarno. 

"Juga terjadi peristiwa pemberontakan tentara pembela tanah air yang dipimpin oleh Supriyadi putra dari Blitar di era kemerdekaan," ungkap Gubernur Jawa Timur. 

Foto Suasana upacara Sumpah Pemuda di Blitar, Sabtu (28/10/2023). (Foto: Favan Abu Ridho/Ketik.co.id)Suasana upacara Sumpah Pemuda di Blitar, Sabtu (28/10/2023). (Foto: Favan Abu Ridho/Ketik.co.id)

Dari Blitar, Gubernur Jawa Timur berharap agar pemuda-pemudi Jatim tiga tokoh pahlawan yang ada di Blitar akan memberikan suntikan semangat kepada seluruh masyarakat Indonesia, masyarakat Jawa Timur terutama masyarakat Blitar tak terkecuali Pemuda Blitar harus merasa memiliki darah perjuangan. 

"Lecutan semangat dan perjuangan yang sudah diteladankan oleh pahlawan-pahlawan asal Blitar ini mudah-mudahan menjadi kekuatan para pemuda-pemudi di wilayah Blitar raya ini," harap Gubernur Khofifah. (*)

Tombol Google News

Tags:

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa Hari Sumpah Pemuda Sumpah Pemuda 2023 Blitar pahlawan Blitar Khofifah