Ini Makna Sumpah Pemuda 2023 Kata Konten Kreator Surabaya

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Marno

28 Oktober 2023 04:05 28 Okt 2023 04:05

Thumbnail Ini Makna Sumpah Pemuda 2023 Kata Konten Kreator Surabaya Watermark Ketik
Meify Nandya. (Foto: Dok. Pribadi)

KETIK, SURABAYA – Sumpah Pemuda adalah ikrar persatuan para pemuda Indonesia yang berjanji untuk bertumpah darah, berbangsa, dan berbahasa satu, yaitu Indonesia. Makna Sumpah Pemuda sangat penting bagi bangsa Indonesia. 

Sejarah Sumpah Pemuda dimulai pada 95 tahun lalu, tepatnya pada 1928 bertepatan dengan penyelenggaraan Kongres Pemuda 2. 

Menurut Museum Sumpah Pemuda Kongres Pemuda 2 menghasilkan hal yang sangat monumental bagi bangsa, yaitu Sumpah Pemuda. 

Di zaman era digital seperti ini, anak-anak muda dituntut untuk mengikuti perkembangan zaman tanpa meninggalkan rasa nasionalis dalam dirinya. 

Anak muda zaman sekarang memang tidak seperti anak muda zaman penjajahan yang mengambil peran penting dalam kemerdekaan, pemuda saat ini adalah tombak kemajuan bangsa untuk menyokong Indonesia Emas 2045. 

Beberapa influenser, mengungkapkan makna Sumpah Pemuda bagi dirinya agar anak-anak muda lainnya dapat terinspirasi dengan semangatnya. 

Meify Nandya Konten Kreator Surabaya mengungkapkan makna dari Sumpah Pemuda di zaman serba digital ini. 

Menurutnya, melalui pemanfaatan teknologi, pemuda dapat memastikan bahwa semangat persatuan dan nasionalisme yang dijunjung oleh Sumpah Pemuda tetap relevan dan diteruskan ke generasi muda di era digitalisasi. 

"Kita juga bisa Memanfaatkan teknologi untuk menyebarkan pesan-pesan penting tentang persatuan, nasionalisme, dan keragaman budaya," paparnya. 

Foto Fahmi Adimara. (Foto: Dok. Pribadi)Fahmi Adimara. (Foto: Dok. Pribadi)

Selain itu, Ahadin Syarifudin Fahmi Adimara, SKM, M.KKK sebagai Influenser atau Kreator Digital memaknai Sumpah Pemuda menurutnya ialah salah satu bukti bahwa cinta Tanah Air Indonesia. "Tak sekedar ucapan tapi diwujudkan dalam tindakan," jelasnya. 

Peran pemuda di era digital ini menurut Fahmi memiliki peran yang signifikan khususnya meningkatkan literasi digital di masyarakat. 

"Perannya sangat penting untuk mengakselerasi proses transformasi yang mampu mendorong percepatan pertumbuhan di sejumlah sektor di negeri ini," jelas Fahmi Adimara panggilan akrabnya. 

Fahmi mengungkapkan perlunya generasi muda untuk terus mengupgrade diri menjadi sosok yang berkualitas, berkompeten dan berdaya saing tinggi. 

"Cara paling simple dalam berkehidupan sehari-hari, bisa dengan bersemangat dalam belajar dan berkarya di segala bidang," tutur pemilik akun instagram @fahmiadimara. 

Foto Andy Sugiarto Budiman. (Foto: Instagram @andysugarrr)Andy Sugiarto Budiman. (Foto: Instagram @andysugarrr)

Tak hanya itu, Crazy Rich Surabaya Andy Sugiarto Budiman atau akrab disapa Andy Sugar memaknai Hari Sumpah Pemuda  bahwa saat ini hidup di dunia serba modern, teknologi, dan AI. 

Tidak bisa dipungkiri, banyak anak muda kreatif yang lahir di dunia digitalisasi ini, hal ini tidak akan bisa dibendung dan akan bertambah luas dan global, saatnya yang muda yang berkreasi. 

"Namun muda mudi indonesia ini harus tetap ingat Sumpah Pemuda, yang digaungkan untuk menyatukan tanah, darah, dan bahasa Indonesia. Jadilah sekreatif mungkin, se inovasi mungkin, tapi lakukan itu semua untuk bangsa dan negara kita," pesan Andy Sugar yang juga Konten Kreator Surabaya. (*)

Tags:

Sumpah Pemuda kongres pemuda Arti Sumpah Pemuda Konten Kreator Surabaya Era Digital