Jangan Diremehkan, Inilah Manfaat Berkebun Bagi Kesehatan

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Marno

17 Juni 2023 18:12 17 Jun 2023 18:12

Thumbnail Jangan Diremehkan, Inilah Manfaat Berkebun Bagi Kesehatan Watermark Ketik
Ilustrasi. (Foto: Cotton bro/Pexels)

KETIK, JAKARTA – Menekuni hobi dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental seseorang. Salah satunya adalah berkebun. Berkebun mampu menenangkan pikiran, mengurangi stres, terlebih lagi jika aneka tanaman di kebun berwarna-warni dan memiliki aroma harum yang khas akan semakin menambah manfaatnya.

Berikut ini adalah beberapa manfaat luar biasa dari berkebun untuk kesehatan.

1. Menenangkan Pikiran

Jika pikiranmu sedang kacau dan sedang mencari aktivitas yang dapat menenangkan, berkebun adalah salah satu pilihan yang tepat. Merawat tanaman mulai dari benih hingga tumbuh besar dapat memberikan kepuasan tersendiri. Sekaligus dapat melatih rasa kasih sayang dan kesabaran.

2. Membuat Kita Menjaga Pola Makan

Dengan berkebun, terutama sayuran hijau tanpa menggunakan pestisida maupun bahan kimia lain. Dapat membantu seseorang memiliki pola makan yang lebih sehat. 

Karena secara tidak langsung, dengan menanam tanaman hijau akan membuat kita lebih memperhatikan kesehatan dengan mengkonsumsi sayuran hijau.

3. Membuat Bahagia

Setelah sekian lama merawat tanaman dan melihatnya tumbuh besar akan meningkatkan hormon bahagia dalam tubuh. Selain itu kamu juga akan merasa nyaman dan senang berada di dekat tanaman mu.

4. Mengurangi Resiko Stres

Dengan berkebun setelah beberapa hari menjalani pekerjaaan yang melelahkan, akan membuat stress kita berkurang secara perlahan. Berkebun dapat membantumu mengelola emosi dengan baik.

5.Membantu Kita Makin Fokus

Saat berkebun tentu pikiran dan hati kita akan lebih bahagia, disaat itulah kita akan mudah untuk fokus. Udara segar yang didapat dari tanaman yang kamu tanam, akan menciptakan oksigen yang lebih sehat untukmu. Inilah yang diklaim bahwa berkebun memungkinkanmu memiliki otak lebih sehat dan fokus.(*)

Tombol Google News

Tags:

Berkebun hobby Tanaman sayuran kesehatan