Jangan Sembarangan, Ini Cara Mudah Menjaga Matamu Tetap Sehat!

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Mustopa

28 Oktober 2023 01:14 28 Okt 2023 01:14

Thumbnail Jangan Sembarangan, Ini Cara Mudah Menjaga Matamu Tetap Sehat! Watermark Ketik
Ilustrasi menjaga kesehatan mata. (Foto: Freepik)

KETIK, MALANG – Sebagai salah satu organ tubuh yang vital, tentu sangat penting menjaga kesehatan mata. Penggunaan gadget tanpa batasan, serta kebiasaan buruk lainnya akan berdampak negatif pada kesehatan mata. 

Menjaga kesehatan mata dapat menjadi investasi di masa tua. Berikut adalah beberapa cara mudah untuk dapat menjaga mata tetap sehat:

Kurangi Penggunaan Gadget

Terlalu lama menggunakan gadget akan membuat mata kalian merasa lelah, kering, penglihatan terasa kabur, dan berair. Batasilah penggunaan gadget kalian. Jika perlu gunakan pelindung mata seperti kacamata anti radiasi. Meskipun demikian, kalian terap harus membatasi waktu bermain gadget. Berikanlah waktu istirahat bagi mata secara teratur.

Konsumsi Makanan Bergizi dan Vitamin

Beragam makanan yang kaya akan nutrisi, seperti sayuran, buah-buahan, ikan dan lainnya akan membantu kalian menjaga kesehatan mata. Tambahkan asupan vitamin A, C, dan E supaya mata semakin sehat.

Periksa Mata Secara Teratur

Tidak ada salahnya berkunjung ke dokter mata untuk memeriksakan kesehatan mata kalian. Justru hal ini akan membantu mendeteksi masalah mata sedini mungkin. Pemeriksaan ini tidak hanya dilakukan bagi orang tua saja, namun anak-anak dan dewasa pun juga dianjurkan. 

Hindari Membaca di Tempat Gelap

Membaca dengan cahaya yang kurang memadai dapat menyebabkan ketegangan mata. Pastikan Anda selalu membaca di tempat yang cukup terang, dan atur posisi dan jarak kalian saat membaca. Jangan membuat kebiasaan yang dapat merusak mata kalian.(*)

Tombol Google News

Tags:

kesehatan mata menjaga kesehatan mata Mata mata sehat sakit mata