Jarang Diketahui, Inilah Manfaat Merendam Kaki dengan Air Dingin

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

5 Agustus 2023 23:00 5 Agt 2023 23:00

Thumbnail Jarang Diketahui, Inilah Manfaat Merendam Kaki dengan Air Dingin Watermark Ketik
Terapi Merendam kaki dengan air dingin. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Tubuh panas setelah berolahraga ? Atau suasana hati sedang tidak karuan. Jika kamu mengalami hal tersebut mungkin merendam kaki dengan air dingin bisa menjadi solusi. Mungkin belum banyak orang yang tahu jika terapi ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat terapi merendam kaki dengan air dingin bagi kesehatan tubuh. Simak penjelasannya dengan seksama.

1. Meringankan rasa lelah di kaki

Kaki terasa lelah setelah berolahraga atau jalan-jalan seharian. Terapi ini dapat menjadi pilihan murah karena dapat menenangkan kaki yang lelah, selain itu juga dapat suhu tubuh yang panas akibat terlalu lama melakukan aktivitas di luar ruangan.

Caranya cukup rendam kaki dengan air dingin, lalu keringkan dengan handuk yang bersih. Setelah itu gunakan kaus kaki hangat untuk menjaga suhu tubuh.

2. Memperkuat imun tubuh

Dengan merendam kaki selama 10 hingga 15 menit sehari ternyata memiliki manfaat menstimulasi sistem imun tubuh. Dengan begitu tubuh akan lebih sehat dan kebal dari kuman dan bakteri penyebab penyakit.

3. Meringankan Depresi

Bagi orang yang memiliki gejala depresi atau gangguan kecemasan ternyata dapat diringankan dengan terapi merendam kaki di air dingin. Manfaat dari terapi ini yakni akan memberikan efek rileks sehingga mengurangi gejala depresi yang kamu rasakan.

4. Meringankan Gejala Insomnia

Bagi kamu yang sering insomnia atau susah tidur di malam hari. Mungkin bisa mencoba terapi ini, manfaat air dingin ternyata dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah di kaki dan mengurangi peradangan yang tentunya akan membuat tidur menjadi lebih nyenyak.(*)

Tombol Google News

Tags:

kesehatan terapi merendam kaki dengan air dingin sistem imun kaki lelah Meringankan gejala insomnia Depresi