Jemaah Haji Masih Bawa Barang Lebihi Ketentuan, Ada Rokok sampai Wajan

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: M. Rifat

24 Mei 2023 11:14 24 Mei 2023 11:14

Thumbnail Jemaah Haji Masih Bawa Barang Lebihi Ketentuan, Ada Rokok sampai Wajan Watermark Ketik
Barang bawaan jamaah haji banyak yang diamankan lantaran melebihi muatan yang ditentukan, Rabu (24/5/2023). (Foto: M.Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Petugas penerima jemaah haji embarkasi Surabaya masih menemukan barang bawaan melebihi batas yang sudah ditentukan oleh pemerintah. Beberapa barang bawaan yang dibawa oleh jemaah haji seperti rokok, wajan, dan beberapa barang bawan lainnya yang dilarang.

"Rokok itu boleh dimasukkan ke dalam tas besar, tapi ada batasan tidak boleh lebih dari 200 biji. Ada temuan itu tadi sehingga lebihnya kami amankan," kata Kepala Kanwil Kemenag Jawa Timur, Husnul Maram, Rabu (24/5/2023).

Untuk lebihnya, Maram memastikan jika semua barang akan dikembalikan kepada petugas dari daerah asal CJH yang bertugas di Asrama Haji. "Sehingga akan kami kembalikan ke petugas atau ada keluarganya yang di sini," jelasnya.

Tak hanya rokok saja, petugas juga menemukan ada power bank melebihi ketentuan yakni batas maksimal 10 miliampere dan beberapa power bank yang ditaruh di dalam tas koper. Untuk yang melebihi batas tidak boleh dibawa, sedangkan power bank yang ada di tas koper harus dipindah untuk ditaruh dalam tas selempang yang dibawa jamaah ke dalam kabin pesawat.

Ia menyebut apa yang dilakukan para jamaah haji masih dalam taraf wajar yang mungkin disebabkan karena ketidaktahuan jamaah terkait ketentuan tersebut. Meskipun sebelumnya, pihaknya telah melakukan sosialisasi.

"Mungkin saat manasik dulu atau sosialisasi tidak mendengarkan sehinga memasukkan barang yang tidak diperbolehkan. Seperti power bank harusnya masuk di tas kabin bukan di tas bagasi," pungkasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

haji jamaah haji Haji 2023 Tanah Suci Asrama Haji