Kampanye Perangi Korupsi, Anwar Ibrahim Unggul di Pemilu Malaysia

Editor: Irwansyah

20 November 2022 06:09 20 Nov 2022 06:09

Thumbnail Kampanye Perangi Korupsi, Anwar Ibrahim Unggul di Pemilu Malaysia Watermark Ketik
Pemimpin Oposisi Malaysia Anwar Ibrahim. (Foto: Malaysia-today.net)

KETIK, JAKARTA – Berdasarkan hitungan cepat, politisi senior Anwar Ibrahim disebut unggul dalam Pemilu Malaysia 2022. Ia unggul dari Mahathir Mohamad yang berada di posisi keempat. Politisi senior, Mahathir di usia 87 tahun ini, terancam gagal dan kemungkinan besar akan mengakhiri karir politiknya.

Laporan hitung cepat seperti yang dipublikasikan The Star, Pakatan Harapan yang mengusung pemimpin oposisi Anwar Ibrahim memperoleh 81 kursi parlemen dari 220. Sedangkan Perikatan Nasional yang menjagokan Muhyiddin Yassin memperoleh 73 kursi.

Anwar mengklaim koalisinya telah memiliki cukup kursi untuk menguasai pemerintahan. Ia mengaku telah melakukan komunikasi politik dengan sejumlah partai dan mengantongi 112 kursi.

Anwar Ibrahim unggul dan dipilih karena kampanye dengan tegas siap memerangi korupsi. Ia menegaskan bahwa siap berkomitmen kuat untuk memerangi korupsi serta menata pemerintahan yang lebih baik.

"Kami mengikuti Pemilu dengan prinsip memastikan negara ini tidak membiarkan korupsi, memperkuat tata pemerintahan yang baik dan fokus pada masalah ekonomi," tuturnya.

Anwar Ibrahim berkampane dengan janji memerangi korupsi di Malaysia. Ia mengatakan warganya berjuang menghadapi lonjakan harga pangan hingga adanya kasus korupsi yang melibatkan mantan PM Najib Razak yang ingin memperkuat kekuasaannya.

Untuk diketahui, Pemilu Malaysia tahun 2022 digelar Sabtu (19/11/2022). Sebanyak 32 juta warga Malaysia memiliki hak pilih untuk menentukan pilihan pada 945 calon, yang berebut 222 kursi.

Pemilu di Malaysia menggunakan sistem first past the post. Untuk partai atau koalisi partai politik yang memiliki 112 kursi atau lebih, mereka berhak membentuk kabinet, dan menunjuk perdana menteri.

Ada lima calon perdana menteri Malaysia dari koalisi atau partai yang berpartisipasi di Pemilu Malaysia. Pertama, Ismail Sabri Yakoob dari Koalisi Barisan Nasional. Kedua adalah Anwar Ibrahim yang merupakan pemimpin Pakatan Harapan. Ketiga Muhyiddin Yassin dari Partai Perikatan Nasional. Keempat, Ahmad Zahid Hamidi yang merupakan pemimpin Koalisi Barisan Nasional. Kelima adalah Mahathir Mohamad yang telah dua kali menjabat PM Malaysia. (*)

Tombol Google News

Tags:

Mahathir Mohamad Anwar Ibrahim Pemilu Malaysia