Kampung Keluarga Berkualitas Mitra Asih Kabupaten Bandung Masuk 5 Besar Terbaik se-Jawa Barat

Jurnalis: Iwa AS
Editor: Akhmad Sugriwa

3 April 2024 02:29 3 Apr 2024 02:29

Thumbnail Kampung Keluarga Berkualitas Mitra Asih Kabupaten Bandung Masuk 5 Besar Terbaik se-Jawa Barat Watermark Ketik
Rechecking Kampung Keluarga Berkualitas Mitra Asih Desa Baros Kec Arjasari Kab Bandung, Selasa (2/3/24). (Foto: DP2KBP3A )

KETIK, BANDUNG – Sebagai salah satu bentuk pembinaan dan penguatan Kampung Keluarga Berkualitas (KB), Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan Apresiasi Kampung Keluarga Berkualitas Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2024. Kegiatan dilaksanakan mulai bulan Februari sampai dengan bulan Mei 2024.

Kampung KB yang dikirimkan dalam perlombaan adalah Kampung KB terbaik tingkat kabupaten, yang menjadi percontohan bagi Kampung KB di desa . Hal ini diharapkan menjadi stimulan untuk pengembangan lokus-lokus yang dapat menjadi percontohan bagi desa.

Kepala DP2KBP3A Kabupaten Bandung Muhamad Hairun menerangkan, Kampung KB Mitra Asih merupakan salah satu yang terbaik tingkat kabupaten yang berdiri sejak tahun 2019.

"Alhamdulillah, sampai dengan sekarang Kampung KB Mitra Asih terus eksis kegiatannya dan aktif juga di media sosial, terutama dalam pelaporan yang secara rutin dilaksanakan melalui Kampung KB online di tingkat nasional," kata Hairun dalam sambutannya, Selasa (2/4/2024).

Camat Arjasari Asep Hadian menambahkan, peran Kampung KB Mitra Asih merupakan salah satu wadah kegiatan setingkat desa di mana terdapat integrasi dan konvergensi penyelengaraan, pemberdayaan dan penguatan intitusi keluarga, dalam mewujudkan keluarga dan masyarakat yang berkualitas.

"Adapun di Kecamatan Arjasari baru 6 desa yang sudah terbentuk Kampung KB pada tahun ini, kami bertekad untuk tahun 2024 akan terbentuk 100 persen," ujar Asep Hadian.

Kepala Desa Baros Asep Saefudin mengungkapkan suatu kebanggaan ditunjuknya Kampung KB Mitra Asih sebagai perwakilan tingkat Provinsi Jawa Barat.

"Hal ini menjadi motivasi tersendiri bagi pengurus Kampung KB khususnya, dan umumnya warga Desa Baros Kecamatan Arjasari untuk berpartisipasi memperlihatkan eksistensi, konvergensi dan integrasi dalam melaksanakan berbagai kegiatan. Mohon doa dan dukungannya Kampung KB Mitra Asih Desa Baros menjadi salah satu wakil terbaik Tingkat Provinsi Jawa Barat dan berhak mengikuti tingkat nasional, yang akan diumumkan pada 17 April 2024," ucap Kades Baros.

Kampung Keluarga Mitra Asih Desa Baros Kecamatan Arjasari merupakan perwakilan dari Kabupaten Bandung yang telah mengikuti seleksi perlombaan dengan berbagai tahap. Mulai dari tahap pengiriman profil Kampung KB beserta video kegiatan yang telah dilaksanakan yaitu pada tanggal 16 Pebruari 2024.

Berkat Dukungan dan dorongan dari masyarakat, pemerintah desa, kecamatan dan kabupaten khususnya, pengurus Kampung KB Mitra Asih Desa Baros, lolos ke tahap kedua, yaitu pelaksanaan rechecking ke lapangan dengan pesarta 9 kabupaten/kota yang telah menyisihkan 25 kabupaten/kota.
 
Adapun rechecking dilaksanakan Selasa (2/3/2024) dengan peserta 5 kabupaten dan 4 kota tingkat provinsi yaitu Kabupaten Ciamis, Sukabumi, Bandung Barat, Kabupaten Bandung dan Sumedang. Sedangkan kota terdiri dari Kota Bandung, Sukabumi, Banjar dan Kota Depok.(*)

Tombol Google News

Tags:

kampung kb keluarga berkualitas BKKBN BKKBN Jabar
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 04. Home Sidebar 1