Kembangkan Koridor II, Dishub Jatim akan Sediakan Feeder Menuju Kota Batu

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

22 September 2023 07:15 22 Sep 2023 07:15

Thumbnail Kembangkan Koridor II, Dishub Jatim akan Sediakan Feeder Menuju Kota Batu Watermark Ketik
Bus Trans Jatim. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Untuk meningkatkan mobilisasi masyarakat Kota Mojokerto, terutama menuju daerah wisata di Kota Batu, Dinas Perhubungan Jawa Timur berencana akan menyediakan layanan transportasi pengumpan (feeder) yang terintegrasi dengan Trans Jatim Koridor II jurusan Surabaya-Mojokerto.

Kepala Dinas Perhubungan Jatim, Nyono mengatakan, nantinya angkutan feeder ini akan menggunakan bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) yang rutenya akan melewati wilayah Cangar (Batu).

"Jadi ini adalah bentuk pengembangan dari Trans Jatim Koridor II yang menghubungkan Mojokerto dan Batu," jelas Kepala Dishub Jatim, Nyono kepada media online nasional Ketik.co.id, Jumat (22/9/2023).

Layanan feeder nantinya akan melewati berbagai destinasi wisata di Kota Batu, sehingga diharapkan akan memudahkan masyarakat dalam menjangkau tujuan wisata. Dengan adanya layanan ini akan mendongkrak perekonomian bagi masyarakat di wilayah tersebut. Karena dengan akses yang mudah aman menjadi magnet bagi para pengunjung untuk bepergian.

"Untuk tarif layanan feeder ini rencananya akan dipatok Rp 20 ribu sampai Rp 30 ribu. Untuk armada kami siapkan 8 unit terlebih dahulu sembari melihat perkembangannya nanti," tambahnya.

Saat ini, pihaknya sedang melakukan pembicaraan dengan beberapa pihak penyedia bus untuk menjalin kerja sama agar layanan feeder ini dapat segera diwujudkan. Dishub akan melakukan assessment terlebih dahulu terkait sistem manajemen keselamatan.

"Tentunya akan ada assessment terkait keselamatan transportasi dengan penyedia angkutan nantinya," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Trans Jatim Koridor II Feeder Wisata Ekonomi Kots Batu transportasi mobilisasi