Kenalkan AI pada Masyarakat, Indo AI dan IPNU-IPPNU Ancab Sugio Gelar Workshop

Kontributor: M. Imamul Hurmain
Editor: Mustopa

29 September 2024 10:04 29 Sep 2024 10:04

Thumbnail Kenalkan AI pada Masyarakat, Indo AI dan IPNU-IPPNU Ancab  Sugio Gelar Workshop Watermark Ketik
Workshop pengenalan AI oleh Indo AI dan IPNU-IPPNU Ancab Sugio (Foto: M. Imamul Hurmain)

KETIK, LAMONGAN – Dalam upaya memperkenalkan kecerdasan buatan (AI) kepada masyarakat luas, IPNU-IPPNU Ancab Sugio, Lamongan bekerja sama dengan Indo AI Chapter menyelenggarakan Workshop Pengenalan AI secara daring, 27 September 2024. 

Kegiatan ini menjadi tonggak awal pembentukan Indo AI Chapter Jatim, yang bertujuan untuk mengembangkan potensi talenta di bidang AI di wilayah Jawa Timur.

Hadir dua tokoh penting di bidang kecerdasan buatan. Sebagai keynote speaker, adalah Khodijah Hulliyah, M.Si., Ph.D., yang merupakan Wakil Dekan 3 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sekaligus Direktur Artificial Intelligence Literacy and Innovation Institute di universitas tersebut. 

Sementara itu, materi utama disampaikan oleh Erik Supit, seorang praktisi AI dari Indo AI.

Dalam sambutannya, Khodijah Hulliyah menekankan pentingnya memahami dan mengadopsi teknologi AI untuk mendorong inovasi di berbagai sektor. 

“AI memiliki potensi yang besar untuk mengubah cara kita bekerja, belajar, dan hidup. Dengan memanfaatkan teknologi ini secara tepat, Indonesia dapat mempercepat transformasi digital di berbagai bidang,” ujarnya.

Ia juga mengapresiasi kolaborasi antara Indo AI dan IPNU-IPPNU yang diharapkan dapat menjadi model dalam pengembangan talenta AI di kalangan pemuda.

Erik Supit, sebagai pemateri utama, memberikan pemahaman menyeluruh tentang dasar-dasar kecerdasan buatan, termasuk bagaimana AI dapat diterapkan di berbagai industri. 

Dalam sesi presentasinya, Erik menjelaskan, contoh-contoh nyata implementasi AI dalam kehidupan sehari-hari dan bagaimana AI dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi serta produktivitas.

Sesi tanya jawab yang interaktif memperlihatkan antusiasme peserta terhadap topik AI. Mereka menggali lebih dalam tentang potensi AI di bidang pekerjaan, pendidikan, dan juga peran etika dalam pengembangan teknologi ini.

Dengan terlaksananya workshop ini, Indo AI dan IPNU-IPPNU berharap dapat terus mendorong kolaborasi dan pengembangan potensi di bidang teknologi AI, khususnya melalui Indo AI Batch Jatim yang akan menjadi pusat pengembangan talenta AI di wilayah Jawa Timur.(*)

Tombol Google News

Tags:

workshop AI Kecerdasan Buatan Indo AI Chapter IPNU-IPPNU Ancab Sugio