Khofifah Kunjungi Korban Ledakan Petasan di Blitar

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

22 Februari 2023 05:38 22 Feb 2023 05:38

Thumbnail Khofifah Kunjungi Korban Ledakan Petasan di Blitar Watermark Ketik
Ditemani Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Toni Harmanto, Gubernur Jatim Khofifah mengunjungi lokasi terjadinya ledakan. (Foto: Humas Pemprov Jatim)

KETIK, BLITAR – Kejadian ledakan petasan di Blitar yang terjadi pada minggu ( 19/2/2023) menarik perhatian banyak pihak, termasuk Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengunjungi langsung para korban ledakan di RS Srengat Kab Blitar, Selasa (21/2). Dia ditemani oleh Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Harmanto dan Pangdam V Brawijaya Mayjend TNI Farid Makruf.

Gubernur Khofifah secara khusus menyampaikan rasa duka cita mendalam. Kendati demikian, dirinya tidak dapat membenarkan adanya kegiatan merakit, memproduksi, dan menjual petasan.

“Kita mungkin masih sering menemukan kasus-kasus seperti ini. Mudah-mudahan ini yang terakhir dan bisa menjadi pembelajaran berharga bagi seluruh masyarakat bukan hanya di Blitar dan Jatim tapi se-Indonesia,” ungkap Gubernur Khofifah.

Gubernur Khofifah juga menekankan bahwa perlindungan kepada masyarakat harus menjadi prioritas. Ledakan petasan ini berdampak pada hilangnya nyawa, luka- luka serta kerusakan rumah tinggal. Ini merupakan bencana sosial. Gubernur Khofifah mengajak semua elemen masyarakat agar menjaga suasana aman, nyaman dan kondusif.

Foto Khofifah menyampaikan rasa duka cita yang mendalam kepada para korban ledakan di Blitar. ( Foto : Humas Pemprov Jatim)Khofifah menyampaikan rasa duka cita yang mendalam kepada para korban ledakan di Blitar. (Foto: Humas Pemprov Jatim)

“Jadi saya sampaikan perlindungan kepada masyarakat harus jadi prioritas semua pihak, baik kami di jajaran Pemprov, Pemkab dan seluruh stakeholders yang lain. Sebaliknya juga mohon dijaga sesuatu yang membahayakan Jangan pernah dilakukan. Mohon dijaga suasana aman, nyaman dan kondusif. Mudah-mudahan kejadian ini merupakan kejadian yang terakhir,” tegasnya.

Sementara itu Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Toni Harmanto menyampaikan pihaknya memastikan bahwa Polda Jatim akan melakukan operasi petasan ilegal dalam beberapa hari kedepan. Operasi ini diadakan sebagai pengingat pada masyarakat agar menghindari kegiatan yang menyangkut alat peledak dan prantik pembuatan mercon ilegal. 

"Menjelang Ramadan ini kita harus memerangi praktik pembuatan mercon ilegal. Beberapa hari ke depan kami akan mengadakan operasi, tujuannya mengingatkan pada masyarakat agar menghindar kegiatan pembuatan mercon," ungkapnya.

Sebagai informasi akibat ledakan yang berasal dari salah satu rumah warga tersebut. Tercatat 2 unit rumah rusak berat, 11 unit rusak sedang dan 18 rusak ringan. Selain itu, terdapat 1 rumah yang rata dengan tanah. Berdasarkan data BPBD Prov Jatim, ledakan ini menelan 4 korban jiwa dan 23 korban luka-luka termasuk bayi berusia 4 bulan.(*)

Tombol Google News

Tags:

ledakan Petasan Blitar Jawa timur Khofifah