KPU Labuhanbatu Gelar Kampanye Damai, Pesan Moral Berantas Potensi Masalah

Jurnalis: Joko Gunawan
Editor: Mustopa

23 September 2024 18:13 23 Sep 2024 18:13

Thumbnail KPU Labuhanbatu Gelar Kampanye Damai, Pesan Moral Berantas Potensi Masalah Watermark Ketik
Ketua KPU Labuhanbatu (tengah) didampingi komisioner lainnya dalam satu agenda tahapan Pilkada 2024. (Foto: Joko/Ketik.co.id)

KETIK, LABUHAN BATU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Labuhanbatu, Provinsi Sumut akan melaksanakan kampanye damai dalam rangka Pilkada serentak tahun 2024 dengan peserta sekitar 330 orang.

Kegiatan itu dijadwalkan berlangsung pada Selasa, 24 September 2024 dimulai pukul 14.00 WIB di halaman kantor KPU Labuhanbatu, Jalan WR Supratman nomor 52 Rantauprapat.

Demikian dikatakan Ketua KPU Labuhanbatu, Zafar Siddik Pohan ditemui di ruang kerjanya, Senin, 23 September 2024.

Dijelaskannya, surat undangan bernomor: 528/PL.02.4-Und/1210/4/2024 beserta lampiran daftar undangan, telah dilayangkan kepada masing-masing lembaga.

Nantinya, peserta kampanye damai diperkirakan maksimal 330 orang berasal dari pimpinan daerah, organisasi perangkat daerah, forum komunikasi pimpinan daerah, Bawaslu, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Selanjutnya, partai politik, insan pers, camat, organisasi kemasyarakatan, organisasi kepemudaan, ketua OSIS SMA sederajat, tokoh etnis, rektor universitas dan sekolah tinggi serta lainnya.

"Peserta dari lembaga yang kita undang, memang dibatasi jumlahnya, mengingat berbagai hal. Terhadap pasangan calon, masing-masing maksimal membawa 30 orang," terang Zafar.

Dijelaskan Zafar, berhubung akan masuknya tahapan kampanye Pilkada serentak sejak tanggal 25 September 2024 mendatang, maka sangat perlu diambil langkah atau upaya mendorong masyarakat agar memilih dengan bijak.

Selain itu, pesan-pesan yang akan disampaikan pada kegiatan nantinya, merupakan wujud ikhtiar bersama untuk mendorong masyarakat agar tetap menjaga perdamaian, termasuk di ruang digital.

"Pesan atau materi Pilkada Damai tahun 2024 juga sebuah upaya bersama dalam mengantisipasi berbagai potensi permasalahan. Di sisi lain juga ditujukan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat serta mencegah perpecahan dan penyebaran hoaks," tambahnya.

Menurutnya, peredaran berbagai narasi politik di media sosial berpotensi menimbulkan kekacauan informasi berupa misinformasi, disinformasi dan malinformasi.

Amatan KPU Labuhanbatu sendiri, terdapat kemungkinan permasalah yang dinilai menjadi perhatian bagi semua, misalnya hoaks, fitnah hingga ujaran kebencian.

"Itu potensi dan perlu diantisipasi bagi kita semua. Kegiatan kampanye damai kita harapkan menjadi pondasi kuat agar Pilkada 2024 di Labuhanbatu berlangsung sukses, aman dan damai," harap Zafar lagi.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kampanye damai Pilkada tahun 2024 KPU Labuhanbatu Sumut Komisioner Didampingi Potensi Masalah undangan Zafar Siddik Pohan