Kronologi Yeti Airlines Nepal Jatuh dan Meledak

Jurnalis: S. Widodo
Editor: Rudi

16 Januari 2023 03:23 16 Jan 2023 03:23

Thumbnail Kronologi  Yeti Airlines Nepal Jatuh dan Meledak Watermark Ketik
Kondisi pesawat Yeti Airlines di Nepal yang jatuh menabrak jurang dan meledak. (Foto: Istimewa)

KETIK, JAKARTA – Sebuah pesawat berpenumpang 72 orang milik Maspai Penerbangan Yeti Airlines, jatuh pada Minggu (15/1) di Nepal.

Setidaknya 68 orang tewas dalam kecelakaan tersebut, termasuk 15 warga negara asing. Berikut kronologi pesawat Yeti Airlines yang sempat oleng kemudian jatuh menabrak jurang dan meledak tersebut.

Diberitakan AFP, pesawat berjenis ATR 72 ini sebelumnya terbang dari Kathmandu menuju Pokhara. Di tengah perjalanan, pesawat menabrak tebing jurang yang terletak di antara bandara lokal Pokhara dan bandara internasional baru, sesaat sebelum pukul 11.00 waktu setempat.

Sebuah video yang beredar di media sosial menunjukkan pesawat itu oleng sebelum jatuh menabrak jurang dan mengeluarkan dentuman yang sangat keras. Tak lama, helikopter datang untuk melakukan evakuasi.

CNN melaporkan pesawat terakhir melakukan kontak dengan bandara Pokhara sekitar pukul 10.50 waktu setempat, sekitar 18 menit setelah lepas landas.

Otoritas penerbangan sipil Nepal melaporkan pihak angkatan darat dan berbagai departemen kepolisian langsung dikerahkan ke lokasi kecelakaan. Setidaknya 68 penumpang dipastikan tewas akibat kecelakaan tersebut.

Dari total 68 penumpang, 37 orang di antaranya adalah laki-laki, 25 perempuan, tiga anak-anak, dan tiga bayi.

Lima belas penumpang merupakan warga negara asing dengan rincian lima warga India, empat warga Rusia, dua warga Korea, dan masing-masing satu warga Australia, Argentina, Prancis, dan Irlandia.

"Saya sangat sedih atas kecelakaan yang menyedihkan dan tragis ini," ujar Puspha Kamal Dahal, Perdana Menteri Nepal sebagaimana dilansir CNN.

"Saya dengan tulus meminta personel keamanan, semua badan-badan pemerintah Nepal dan publik untuk memulai penyelamatan efektif." tambahnya.

Kecelakaan tersebut merupakan kecelakaan paling mematikan ketiga dalam sejarah negara Himalaya, menurut data Aviation Safety Network.(*)

Tombol Google News

Tags:

kecelakaan nepal maskapai pesawat
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 04. Home Sidebar 1