Kunjungi Disdikbud, Pj Wali Kota Malang Dorong Kesejahteraan Guru

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Mustopa

5 Januari 2024 09:55 5 Jan 2024 09:55

Thumbnail Kunjungi Disdikbud, Pj Wali Kota Malang Dorong Kesejahteraan Guru Watermark Ketik
Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat saat mengunjungi Kantor Disdikbud Kota Malang. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat melakukan inspeksi ke Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) pada Jumat (5/1/2024). Dalam kunjungannya ke Disdikbud Kota Malang, Wahyu meminta supaya kesejahteraan guru dapat diperhatikan.

Menurutnya salah satu cara yang dapat dilakukan ialah menciptakan standarisasi pelayanan. Cara itu dinilai dapat berdampak pada kualitas para guru dalam membimbing peserta didik.

"Saya ingin melihat secara langsung terkait dengan pelayanan, SDM, dan lain-lainnya dari Disdikbud. Bagaimanapun segala standarisasi dan pelayanan yang ada di Disdikbud ini akan berdampak kepada kualitas dari guru-guru yang membimbing generasi muda kita," ujar Wahyu.

Terlebih Disdikbud menjadi salah satu OPD Kota Malang dengan jumlah ASN terbanyak. Pemkot Malang pun telah memastikan alokasi anggaran yang diberikan kepada Disdikbud dapat memenuhi kesejahteraan para guru.

"Untuk guru, kita juga akan memperhatikan kesejahteraannya, karena itu akan berdampak kepada siswanya. Tapi saya rasa perhatian dari Pemkot Malang dengan ketersediaan anggaran yang diberikan itu sudah memenuhi. Ini juga menjadi salah satu pertimbangan saya untuk menilai kinerja dari Disdikbud Kota Malang," tambahnya.

Menurutnya standar operasional prosedur (SOP) yang dibentuk oleh Disdikbud Kota Malang serta kelengkapan saranan prasarana telah memadai. Bahkan ia mengapresiasi adanya arena bermain untuk anak-anak di kantor Disdikbud.

"Kalau kelengkapan, memang karwna melayani guru begitu banyak maka ada beberapa berkas yang kalau dilihat sedikit mengganggu pandangan. Tadi saya minta kalau bisa coba diganti dengan softcopy, tapi ternyata masih ada kendala," jelas Wahyu.

Tak hanya kesejahteraan guru, Wahyu juga mendorong bidang kebudayaan dapat memaksimalkan kinerjanya. Wahyu sempat mengatakan saat ini Disdikbud Kota Malang tengah mengkaji udeng sebagai bagian dari tradisi Kota Malang.

"Nanti ke depan akan mengkaji udeng menjadi tradisi Kota Malang, termasuk motif Batik Malangan ini seperti apa. Ada beberapa yang saya berikan arahan termasuk juga di beberapa ruangan. Hari ini memang sudah baik, tapi tentunya beberapa kekurangan nanti saya minta Pak Kepala Disdikbud untuk data, agar pelayanan para guru bisa lebih baik," jelasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Disdikbud Kota Malang kesejahteraan guru Guru Kota Malang Kota Malang udeng guru