Lewat EJFH, Khofifah Orbitkan Wastra Khas Jatim ke Level Dunia

Editor: Irwansyah

3 Desember 2022 12:48 3 Des 2022 12:48

Thumbnail Lewat EJFH, Khofifah Orbitkan Wastra Khas Jatim ke Level Dunia Watermark Ketik
East Java Fashion Harmony (EJFH) 2022, di Kawasan Gunung Bromo, Jawa Timur, Sabtu (3/12/2022). (Foto: Instagram Khofifah)

KETIK, SURABAYA – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengorbitkan wastra khas Jatim ke level dunia melalui gelaran East Java Fashion Harmony (EJFH) 2022 di Kawasan Gunung Bromo, Probolinggo, Sabtu (3/12/2022).

Wastra merupakan kain tradisional yang memiliki makna dan simbol tersendiri yang mengacu kepada dimensi warna, ukuran, dan bahan. Contohnya batik, tenun, songket, dan sebagainya.

EJFH 2022 mengusung tema Estetika Wastra Jawa Timur. Event ini menjadi wujud eksistensi keberagaman wastra khas Jawa Timur yang secara eksotis ditampilkan dengan latar belakang Gunung Bromo yang menawan.

“Ini luar biasa ketika wastra khas Jatim ditampilkan dalam peragaan fashion dengan latar Gunung Bromo yang indah. Saya yakin ini menjadi ajang strategis untuk mempromosikan kekayaan Jawa Timur dengan keanekaragaman wastranya ke kancah dunia,” kata Khofifah.

Foto EHFH 2022 Bromo menjadi ajang kebangkitan wastra Jatim di kancah dunia. (Foto: Instagram Khofifah)EHFH 2022 Bromo menjadi ajang kebangkitan wastra Jatim di kancah dunia. (Foto: Instagram Khofifah)

Menurutnya, pemilihan lokasi di kawasan wisata Bromo atau Kaldera Tengger menjadi semangat pelestarian dan mengenalkan budaya Jatim dan Indonesia di kancah dunia. Apalagi kawasan ini juga menjadi destinasi wisata favorit wisatawan mancanegara.

“EJFH ini kita harap jadi mercusuar kekuatan dan kemajuan bangsa kita sebagai bangsa yang berbudaya dan berkarakter. Sekaligus membangun paradigma dan harmonisasi baru pada sektor pariwisata dengan basis kebudayaan,” ungkapnya.

EJFH 2022 Bromo dihiasi dengan kemegahan dan keindahan Gunung Bromo dengan penampilan busana wastra karya 11 designer asal Jatim yang memiliki segudang prestasi baik regional, nasional maupun internasional.

Karya batik maupun tenun karya 11 desainer tersebut kemudian dibawakan dengan elok oleh para model sehingga memanjakan mata para tamu undangan yang hadir

Lebih lanjut Gubernur Khofifah menyatakan, gelaran ini juga sengaja dihelat sebagai upaya mewujudkan pelestarian budaya bangsa Indonesia. Dengan harapan pelestarian tersebut juga akan semakin menguatkan ekonomi Jawa Timur.

“Dengan pelestarian wastra khas Jatim maka produktifitas para pengrajin khas Jatim akan semakin meningkat. Maka acara ini saya rasa sarat akan manfaat baik untuk kebangkitan ekonomi juga sebagai bagian dari pelestarian budaya bangsa Indonesia,” katanya.

Event mode yang telah digelar empat kali ini juga mendapatkan predikat dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI sebagai 10 Kharisma Event Nusantara (KEN).

“Tidak mudah untuk berada dititik ini, perlu banyak pengorbanan baik tenaga maupun pikiran. Terima kasih atas dukungan seluruh masyarakat Jawa Timur. TNBTS, khususnya terimakasih kepada masyarakat Tengger," pungkas Gubernur Khofifah.

EJFH membawa misi untuk menduniakan batik dan tenun khas Jawa Timur. Diyakini, gelaran EJFH akan membuat Jatim lebih tersohor dalam dunia fashion sekaligus pariwisata sehingga akan memberikan dampak positif bagi masyarakat baik di sisi ekonomi maupun industri fashionnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Khofifah Gubernur Jatim EJFH 2022
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 04. Home Sidebar 1