Mahasiswa Unesa Raih Penghargaan dari PT Stechoq Robotika Indonesia

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

30 Juli 2024 05:15 30 Jul 2024 05:15

Thumbnail Mahasiswa Unesa Raih Penghargaan dari PT Stechoq Robotika Indonesia Watermark Ketik
Irena Audyna Naomi (tengah) bersama kedua temannya yang menerima penghargaan dari PT Stechoq Robotika Indonesia. (Foto: Humas Unesa)

KETIK, SURABAYA – Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya (Unesa) kembali menorehkan prestasi membanggakan. Irena Audyna Naomi mahasiswi sarjana terapan prodi D-4 Teknik Mesin, Fakultas Vokasi meraih dua penghargaan program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) di PT Stechoq Robotika Indonesia. 

Perempuan asal Sidoarjo tersebut dianggap berjasa selama menjalani magang di perusahaan R&D tersebut. Bahkan Irena mendapat penghargaan sekaligus yaitu The Best Project Manager dan The Best Time Manager

 "Saya awalnya cari tahu program MSIB kepada kakak tingkat, ternyata benefit program ini banyak juga, akhirnya saya mencoba mendaftar dan diterima," jelas Irena di Surabaya, Senin (29/7/2024).

Irena menceritakan alasannya memilih magang di perusahaan tersebut. Menurutnya bidang yang ada di PT Stechoq Robotika Indonesia linear dengan ilmu yang dipelajarinya di bangku kuliah. 

Kemajuan teknologi robotika yang pesat saat ini, menarik minat Irena untuk mempelajari bagaimana para profesional memaknai robot, mesin dan menghasilkannya sehingga bisa sampai di pasar. 

“Saya ingin belajar dari para profesional di sana untuk memahami bagaimana sih teknologi ini diterapkan dalam industri," tambahnya.

Selama di perusahaan tersebut, Irena mendapatkan proyek pengembangan LMS (Learning Management System) Stechoq Academy. Dia pun mengerjakan proyek dengan tim yang beranggotakan 3 mahasiswa, di mana Irena terpilih sebagai manajer proyek.

Dalam proyek itu, Irena dan tim berfokus pada research and development proyek LMS agar sesuai dengan ISO 9001 atau standar internasional di bidang sistem menajemen mutu. 

Sebagai ketua tim, Irena tertantang untuk mempelajari serta membuat materi dan media pembelajaran terkait karakuri (otomatisasi berbiaya rendah dalam industri), special purpose machine dan otomasi industri.

“Saya harus belajar banyak hal baru karena di kuliah tidak mendapat materi karakuri. Jadi itu tantangannya di samping planning, mengkoordinir tim karena setiap minggunya ada mentoring dan weekly report,” pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pendidikan mahasiswa magang penghargaan Unesa PT Stechoq Robotika Indonesia