Mantan Pelatih Timnas, Jacksen Kagum Kemajuan Sepak Bola Indonesia

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Marno

19 November 2023 09:33 19 Nov 2023 09:33

Thumbnail Mantan Pelatih Timnas, Jacksen Kagum  Kemajuan Sepak Bola Indonesia Watermark Ketik
Mantan Pelatih timnas Indonesia Jacksen F. Tiago. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17, Indonesia menjadi sorotan dunia. Walaupun baru pertama kali menggelar event akbar ini, namun banyak warga dunia yang ikut kagum dengan sumberdaya yang dimiliki oleh Indonesia dalam menggelar turnamen ini.

Hal ini tak lepas dari berbagai fasilitas seperti stadion yang mumpuni, akses yang mudah ,dan fasilitas penunjang lainnya yang memberikan pengalaman menarik bagi para penggemar olahraga sepak bola.

Mantan pelatih Timnas Indonesia, Jacksen F. Tiago mengatakan banyak teman-temannya di Brazil yang mengaku sangat kagum dengan fasilitas stadion yang luar biasa diperhelatan Piala Dunia U-17 Indonesia.

“Saya bisa menjadi saksi akhirnya Indonesia mampu membawa Piala Dunia ke negara ini, meskipun U-17. Ini harus disyukuri," jelas Jacksen, Sabtu (18/11/2023).

Jacksen datang dari Brasil ke Indonesia sebagai pemain hingga jadi pelatih. Dia termasuk sosok yang bergelimang prestasi. Pada 2013, dia berkesempatan melatih Timnas Indonesia meski berjalan singkat.

Pria berusia 54 tahun itu menegaskan Piala Dunia U-17 2023 ini menjadi momen penting sekaligus inspirasi bagi banyak anak-anak Indonesia. Pengalaman berharga pemain diharapkan bisa menjadi modal berhagra untuk bersaing di level internasional.

“Saya seorang pelaku sepak bola Indonesia mengamati semua penilaian dari wartawan, teman-teman pelatih, atau pemain. Saya meskipun lama di Indonesia, tetap mengamati dari sudut pandang orang asing, karena saya masih berpaspor Brasil,” ucapnya.

Lebih lanjut Jacksen menuturkan di balik harapan untuk mencetak prestasi yang setinggi-tingginya, namun harus diketahui jika Timnas Indonesia U-17 menghadapi negara yang jelas lebih maju. Asa Timnas Indonesia U-17 bermain di Piala Dunia akan memberikan dampak kepada generasi berikutnya. Kemajuan yang terjadi di Indonesia sungguh luar biasa.

"Indonesia ini baru pertama kali jadi tuan rumah Piala Dunia. Seharusnya orang Indonesia berpikir positif. Jangan sibuk mengkritik. Ini itu sesuatu yang luar biasa bagi Indonesia," pungkas Jacksen.(*)

Tags:

Piala Dunia U-17 Fifa sepak bola Jacksen F Tiago Timnas Indonesia