Martabak Terang Bulan M*A, Kuliner Legendaris Kota Malang

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Mustopa

2 September 2023 19:00 2 Sep 2023 19:00

Thumbnail Martabak Terang Bulan M*A, Kuliner Legendaris Kota Malang Watermark Ketik
Kondisi kedai Martabak Terang Bulan M*A pada malam hari. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Identitas Kota Malang sebagai surganya kuliner rupanya bukan bualan belaka. Beragam kuliner kekinian maupun legendaris seolah memenuhi tiap sudut di Kota Malang.

Salah satunya ialah kuliner legendaris, martabak dan terang bulan M*A yang sudah berdiri sejak tahun 1967. Saat itu, kedai tersebut berada di dekat Hotel Richie dan hanya menjual terang bulan. Barulah pada tahun 1971, mulai menambahkan martabak ke dalam menu.

Kini kedai tersebut berada di Jalan Tumapel yang dekat dengan Balai Kota Malang dan Pasar Splendid. Tak hanya legendaris, Martabak Terang Bulan M*A masih berani mempertahankan cara masak dan cita rasa jadul di tengah gempuran makanan kekinian.

Siapa sangka cita rasa kuno itulah yang membuat M*A selalu ramai dipenuhi pengunjung. Harga yang dibanderol pun sangat tidak masuk akal, yakni mulai harga Rp 3000-7000 untuk terang bulan. Untuk harga martabaknya pun tidak kalah murahnya yakni mulai dari Rp 12.000-30.000 yang sangat pas untuk satu porsi orang dewasa.

Foto Tampilan terang bulan legendaris yang cocok dinikmati saat berkunjung ke Kota Malang. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)Tampilan terang bulan legendaris yang cocok dinikmati saat berkunjung ke Kota Malang. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

Di kedai ini juga sangat cocok dijadikan tempat untuk kongko dengan teman, keluarga, maupun kekasih. Pasalnya Martabak Terang Bulan M*A tidak hanya melayani take away, tapi juga menyediakan tempat untuk dine in.

Namun pengunjung harus sabar menunggu sedikit lebih lama untuk dapat menikmati kuliner legendaris tersebut. Proses memasak masih mempertahankan cara lama dan berbeda dengan penjual terang bulan lainnya.

Adonan akan dimasak dalam wadah seperti nampan dan tidak diletakkan bersentuhan langsung dengan kompor. Penjual akhirnya memegangi nampan tersebut hingga adonan matang.

Cara tersebut membuat terang bulan yang disajikan terasa garing di luar dan lembut di dalam. Beda dengan lainnya, tekstur terang bulan M*A tidak terlalu berminyak.

Martabak Terang Bulan M*A menjadi salah satu rekomendasi kuliner legendaris yang sangat wajib dicoba jika berkunjung ke Kota Malang.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kuliner Legendaris Kota Malang Rekomendasi Kuliner Kota Malang Kuliner Malam Martabak Terang Bulan M*A Enak