Masuk Agenda Nasional, Menteri ATR/BPN Buka Indonesia UMKM Expo 2022

Editor: Irwansyah

3 November 2022 12:00 3 Nov 2022 12:00

Thumbnail Masuk Agenda Nasional, Menteri ATR/BPN Buka Indonesia UMKM Expo 2022 Watermark Ketik
Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto saat membuka Indonesia UMKM Expo di Jakarta. (Foto: Dok. Ketik)

KETIK, JAKARTA – Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Hadi Tjahjanto mendukung pelaksanaan UMKM expo untuk meningkatkan produk lokal naik kelas. 

Kementerian ATR/BPN bersama Ikawati Pusat menggelar Indonesia UMKM Expo 2022 di Gambir Expo, JIEXPO Kemayoran, Jakarta pada Kamis hingga Selasa (3-8/10/2022). Indonesia UMKM Expo Naik Pamor ini salah satu rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun Agraria dan Tata Ruang (Hantaru) 2022. 

"Kegiatan ini akan terus kita lakukan secara konsisten baik di tingkat kabupaten kota provinsi dan nasional untuk dapat mendukung produk UMKM," kata Hadi saat membuka Indonesia UMKM Expo. 

Ia menjelaskan pentingnya mendukung sektor UMKM untuk penguatan ekonomi nasional. Pengembangan UMKM memegang peranan sangat penting terhadap perekonomian nasional.

"Lebih-lebih kita baru saja lepas dari bencana non alam yaitu Covid-19. Terus kita akan lakukan pemulihan ekonomi. Ditambah lagi saat ini dampak konflik geopolitik antara Ukraina dan Rusia," ungkapnya. 

Hadirnya Kementerian ATR/BPN bersama Ikawati dan Marketplace Ladara menunjukkan dukungan untuk mengangkat sektor UMKM. Dimana, Kantor Pertanahan tingkat Kabupaten Kota dan Kantor Wilayah (Kanwil) menggerakkan pelaku UMKM binaan. 

Di bawah kepemimpinan Menteri Hadi Tjahjanto, Kementerian ATR/BPN melakukan MoU dengan Ikawati sejak 25 Juli 2022 untuk pemberdayaan pelaku UMKM di Indonesia. 

Hal ini sesuai dengan arahan Presiden RI Joko Widodo yang mendeklarasikan UMKM naik kelas dan memasukkan dalam lima besar agenda Nasional, pada saat Pidato Kenegaraan 16 Agustus 2022 di Gedung DPR RI.

Dalam kurang waktu tiga bulan, per tanggal 3 November 2022 Ikawati ATR/BPN telah memiliki UMKM binaan sebanyak 3.216 di Indonesia. Dari angka tersebut, 337 UMKM sudah buka toko di aplikasi Ladara. 

Menteri Hadi membeberkan, UMKM telah membuktikan di Indonesia yang saat ini telah mencapai 65,4 juta dengan kontribusi terhadap PDB sebesar 8.573,89 triliun. 

"Potensi yang sangat luar biasa UMKM ini perlu dimaksimalkan dimana memasuki era digitalisasi seperti saat ini. Pelaku UMKM dipermudah dengan hadirnya marketplace yang mempertemukan para pembeli dan penjual secara daring. Ini menjadi kemudahan," bebernya. 

Untuk mendukung dan menyukseskan UMKM binaan ATR/BPN lebih maju dan berkembang, Kementerian ATR/BPN melaksanakan kegiatan Indonesia UMKM Expo Naik Pamor. 

Menteri Hadi Tjahjanto mengapresiasi dan berterima kasih kepada semua pihak yang mendukung acara ini. Termasuk Ikawati di seluruh Indonesia yang telah bekerja sama dengan Ladara. (*)

Tombol Google News

Tags:

UMKM Indonesia UMKM Expo Menteri ATR/BPN