Melihat Beragam Tujuan Wisata di Kabupaten Jepara

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

18 April 2024 07:45 18 Apr 2024 07:45

Headline

Thumbnail Melihat Beragam Tujuan Wisata di Kabupaten Jepara Watermark Ketik
Keindahan Laut Karimun Jawa (Foto: Indonesia travel)

KETIK, JEPARA – Sebagai salah satu wilayah administratif di Provinsi Jawa Tengah, Kabupaten Jepara mungkin tidak sepopuler Semarang atau Solo sebagai tujuan wisata. Kebanyakan orang hanya mengira jika Jepara hanya sebatas tempat kelahiran dari Raden Ajeng (R.A) Kartini saja.

Hal ini memang tidak sepenuhnya salah, Kabupaten Jepara memang terkenal karena menjadi tempat kelahiran salah satu tokoh perempuan R.A Kartini. Namun ternyata wilayah ini memiliki potensi pariwisata yang menarik untuk dijelajahi.

Selain sebagai tempat kelahiran R.A Kartini, Jepara juga terkenal akan kerajinan kayu jatinya yang melegenda. Banyak furniture daei Jepara yang sudah memasuki pasar ekspor karena kualitasnya yang sangat bagus.

Lalu apa saja destinasi wisata yang bisa dikunjungi saat berada di Jepara. Dikutip dari laman Kemenparekraf berikut ini ulasannya.

1. Wisata sejarah

Salah satu destinasi yang bisa dikunjungi di Jepara adalah tempat wisata berbau sejarah. Salah satu pilihan utama yang bisa dikunjungi adalah Museum R.A Kartini yang berisi barang-barang peninggalan di masa lampau. Di tempat ini kita bisa melakukan napak tilas dengan melihat beragam benda peninggalan R.A Kartini di masa lampau.

Foto Museum R.A Kartini di Jepara. (Foto: Jepara.go.id)Museum R.A Kartini di Jepara. (Foto: Jepara.go.id)

Selain itu anda juga bisa mengunjungi Pendopo Jepara yang pernah menjadi tempat tinggal R.A Kartini. bahkan di pendopo ini pula Kartini menghasilkan gagasan emansipasi perempuan.

Wisata sejarah lainnya yang bisa dikunjungi di Jepara adalah Benteng Portugis di Desa Banyumanis. Benteng bersejarah ini dibangun oleh Sultan Agung dan Bangsa Portugis sebagai bentuk kerja sama melawan VOC pada masa kolonial.

2. Wisata alam

Terletak di pesisir utara Jawa, salah satu potensi wisata yang bisa dikunjungi tentu saja adalah pantai, Jepara memiliki beragam pantai yang cantik, salah satunya Pantai Blebak tidak hanya karena memiliki pasir putih bersih dan lembut saja. Melainkan juga berkat pemandangan alami berupa sawah maupun tanaman bakau yang mengelilinginya.

Tidak hanya itu anda juga bisa mengunjungi kepulauan Karimun Jawa yang terkenal akan wisata lautnya yang sangat jernih dan mampu menghipnotis setiap wisatawan yang berkunjung. 

3. Wisata budaya

Kabupaten Jepara memiliki budaya unik yang menarik untuk dinikmati, salah satunya tradisi Lomban Kupatan. Tradisi ini sudah dilakukan secara turun-temurun ini telah diakui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi sebagai warisan budaya tak benda (WBtB) nasional.

Tradisi ini merupakan simbol sedekah dimana kepala kerbau akan ditenggelamkan di laut yang kemudian kepala tersebut akan diserbu oleh masyarakat disana. Tradisi ini dilakukan sebagai wujud syukur untuk keselamatan dan karapan akan rezeki yang berlimpah.

Foto Lontong Krubyukkhas Jepara (Foto: Instagram.com/inainu.id)Lontong Krubyuk, khas Jepara (Foto: Instagram.com/inainu.id)

4. Wisata kuliner 

Tak lengkap rasanya berkunjung ke Jepara jika tidak menikmati kuliner khas yang ada disana. Salah satu yang bisa dicicipi adalah lontong krubyuk. Kuliner ini terdiri dari lontong khas Jepara yang dipadu dengan kuah kaldu daging sapi, yang disajikan dengan suwiran daging ayam rebus, tauge setengah matang, dan seledri.

Selain lontong krubyuk, masih banyak pilihan makanan khas Jepara yang menarik untuk dicicipi. Mulai dari horok-horok (pengganti nasi yang terbuat dari tepung aren, dan biasanya disandingkan dengan pecel atau sate), kuluban (sayuran dengan tambahan parutan kelapa), serta adon-adon coro (minuman herbal khas Jepang yang terbuat dari racikan rempah-rempah).(*)

Tags:

Jepara wisata Museum R.A Kartini Karimun Jawa Pantai Blebak Benteng Portugis sejarah Kuliner