Menjadi Korban PHK, Ikuti Langkah ini Agar Terhindar dari Stres

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

6 Februari 2023 13:52 6 Feb 2023 13:52

Thumbnail Menjadi Korban PHK, Ikuti Langkah ini Agar Terhindar dari Stres Watermark Ketik
Ilustrasi. (Foto: Pexels)

KETIK, SURABAYA – Di tengah perekonomian dunia yang merosot terjadi fenomena banyak perusahaan besar melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) besar-besaran. Bahkan, perusahaan sebesar Google, Meta, Amazon dan Shopee pun tak luput dari badai PHK. Hal ini harus mereka lakukan untuk bertahan di tengah ekonomi dunia yang tidak stabil.

Kondisi ini tentu membuat banyak karyawan mengalami stress karena berhubungan langsung dengan pemasukan mereka. Setiap orang tentu membutuhkan pekerjaan untuk mendapatkan penghasilan agar bisa hidup dengan layak.

Maka, saat terkena PHK, ini bukan hanya bisa membuatnya kehilangan mata pencaharian, tapi juga meningkatkan risiko mengalami stres.

Stress saat menghadapi PHK adalah hal yang wajar. Namun ada baiknya jika hal tersebut jangan sampai membuat dirimu semakin terpuruk. Itu karena akan makin berdampak negatif bagi kesehatanmu sendiri.

Agar bisa bangkit, kamu bisa mencoba beberapa cara mengatasi stres setelah PHK berikut ini:

1. Memberikan Waktu bagi Diri Sendiri

Mendapati diri kita termasuk salah satu karyawan yang di PHK mungkin akan membuat kita menjadi sedih dan stress. Ada baiknya kamu menenangkan diri terlebih dahulu. Tidak perlu menahan perasaan. Luapkan semua perasaanmu agar diri kita bisa tenang berada di situasi ini.

2. Hindari Berpikir Secara Mutlak

Kemungkinan besar pikiranmu akan menerawang ke jutaan arah yang berbeda setelah PHK. Ada beberapa fase yang perlu dihindari, seperti ungkapan bahwa kamu tidak akan menemukan pekerjaan lain atau merasa memang kamu tidak pernah memenuhi syarat untuk pekerjaan ini. Jadi, kurangi self talk yang negatif.

3. Temukan Support System Yang Mendukung

Saat diri kita merasa sedih dan stress tidak ada salahnya bercerita kepada orang terdekat yang kita percaya. Kehilangan pekerjaan dapat menimbulkan perasaan sedih, marah, bahkan rendah diri. Mencari orang-orang yang mengalami nasib serupa akan membuatmu merasa mendapat dukungan dan termotivasi.

4. Mengatur kembali perencanaan Keuangan

Setelah di-PHK, masalah keuangan bisa menjadi salah satu faktor yang membuatmu stres. Oleh sebab itu, kamu perlu membuat anggaran keuangan yang baru. Karena pendatanmu tengah berkurang, mulailah mengurangi berbagai pengeluaran yang tidak penting.

5. Mulai Mencari Pekerjaan Baru

Mencari pekerjaan yang baru memang penting, tapi jangan lakukan hal tersebut secara berlebihan, ya, karena justru bisa membuatmu menjadi lebih stres. Jangan memaksakan dirimu untuk mendapatkan pekerjaan baru secara cepat.

Ingat, jika kamu memang belum siap untuk mencari pekerjaan baru, janganlah memaksakan diri. Pasalnya, stres yang belum terkontrol setelah di-PHK bisa saja menganggu performa dan rasa percaya diri yang kamu miliki, sehingga kamu mungkin bisa lebih sulit untuk mendapat pekerjaan baru.(*)

Tags:

pekerjaan phk Perusahaan Stres Emosi Support System