Menlu RI Retno Marsudi Walk Out saat Dubes Israel Bicara di DK PBB

Jurnalis: Nata Yulian
Editor: M. Rifat

25 Januari 2024 15:39 25 Jan 2024 15:39

Thumbnail Menlu RI Retno Marsudi Walk Out saat Dubes Israel Bicara di DK PBB Watermark Ketik
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi. (Foto: kemlu.go.id)

KETIK, JAKARTA – Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia Retno Marsudi melakukan walk out saat Duta Besar Israel untuk PBB Gilad Erdan berbicara di debat terbuka Dewan Keamanan (DK) PBB, Selasa waktu New York, Amerika Serikat (24/1/2024).

Video Menlu Retno dan sejumlah diplomat meninggalkan ruang debat terbuka tersebut tersebar di media sosial. Mengutip Voice of America (VoA), momen walk out itu tertangkap kamera tim Perutusan Tetap RI untuk PBB di New York.

"Watap (Wakil Tetap) Israel tidak berada di ruangan saat Indonesia dan sejumlah negara OKI (Organisasi Kerja Sama Islam) menyampaikan pernyataan. Sebaliknya, delegasi Indonesia dan sejumlah negara OKI juga tidak berada di ruangan saat Watap Israel menyampaikan pernyataan," tulis juru bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia Lalu Muhamad Iqbal, dalam keterangan resmi Kemlu RI (25/1/2024).

"Intinya, Menlu Retno dan ketua delegasi sejumlah negara lainnya keluar ruangan saat Watap Israel menyampaikan statemennya," imbuh Iqbal dalam pesan tertulis tersebut.

Dalam forum debat terbuka DK PBB itu, Retno mempertanyakan keseriusan DK PBB untuk menjalankan berbagai resolusinya terkait Palestina. Menurutnya, hal itu sampai saat ini selalu gagal dilaksanakan.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengatakan penolakan Israel terhadap pendirian Negara Palestina pascaperang Gaza sebagai hal yang tidak dapat diterima. “Pendudukan Israel harus berakhir,” jelas Guterres. (*)

Tombol Google News

Tags:

Retno Marsudi Menteri Luar Negeri Kemlu Israel DK PBB