Menuju Worldwide Skills, Akademi Maritim Jakarta Raya Gandeng Korean Maritime Ocean University

Editor: Naufal Ardiansyah

20 April 2024 13:50 20 Apr 2024 13:50

Thumbnail Menuju Worldwide Skills, Akademi Maritim Jakarta Raya Gandeng Korean Maritime Ocean University Watermark Ketik
Akademi Maritim Nasional Jakarta Raya menjalin kerja sama dengan Korean Maritime Ocean University. (Foto: AMANJAYA for Ketik.co.id)

KETIK, JAKARTA – Perkembangan dan tuntutan lulusan Pendidikan vokasi terutama pelayaran yang semakin dinamis dan berkualitas agar bisa menyesuaikan bidang pekerjaan yang akan ditekuni secara global, maka perguruan tinggi dituntut untuk melakukan inovasi dan strategi dalam memenuhi harapan dunia kerja saat ini.

Salah satu strategi dalam pelaksanaan kualitas pendidikan dan pengajaran maka perguruan tinggi pelayaran melakukan kerja sama antar perguruan tinggi terutama luar negeri sejenis dengan teknologi lebih maju seperti Korea Selatan sebagai barometer pelayaran industri yang sangat maju demi meningkatkan lulusan mahasiswa yang kompeten kelas dunia.

Sesuai dengan permendikbud No. 14 tahun 2014 mengenai kerja sama antar perguruan tinggi baik dalam dan luar negeri sebagai salah satu bentuk dalam meningkatkan kualitas pengajaran, teknologi, riset dan penelitian secara bersama-sama, di mana setiap kampus mempunyai strategi dan teknik yang berbeda-beda dalam pelaksanaannya. 

Proses tersebut bisa menjadi sinergi yang saling menguatkan demi melaksanakan Tri Dharma Pendidikan dan menjadi alternatif pendukung dalam menciptakan sumber daya manusia yang mumpuni baik dari tenaga Pendidikan dan mahasiswa yang dihasilkan kelak.

Pada tanggal 16 April 2024 Akademi Maritim Nasional Jakarta Raya (AMANJAYA) di Jakarta dan Korean Maritime Ocean University melakukan kerja sama Internasional serta MoU dalam peningkatan kualitas pendidikan yang meliputi Tukar Menukar Mahasiswa, Dosen, Praktek kerja, Pelatihan penelitan, pelatihan penulisan jurnal serta hal-hal lain untuk peningkatan sumber daya manusia yang terlibat dalam proses Pendidikan. 

Dalam sambutannya, President National Korea Maritime & Ocean University (KMOU) Prof. Dr. RYOO, Dong-Keun sangat mendukung kerja sama internasional ini demi peningkatan mutu pengajaran, penulisan jurnal dan praktek terutama dengan Akademi Maritim Nasional Jakarta Raya (AMANJAYA) sebagai pelopor partner strategis kedua negara dalam pendidikan maritim.

Begitu pula Direktur AMANJAYA Kol (Purn) Samiyono.,SE.,M.Si., M.Tr Opsla berharap kerja sama ini segera ditindaklanjuti dengan program-program yang konkret dan dapat dirasakan manfaat dari kedua belah pihak segera mungkin.

Dalam proses pelaksanaan kerja sama dihadiri para Pimpinan Perguruan Tinggi kedua belah pihak meliputi Rektor, Kaprodi, dosen serta profesor KMOU dan Wakil Direktur, LPPM, Finance Head AMANJAYA yang dilanjutkan dengan perencanaan program yang segera dilaksanakan sesuai isi dari MOU kedua belah pihak.

Dalam penutupannya meliputi penandatanganan, kunjungan fasilitas kampus KMOU, kunjungan industri Galangan Kapal Dong Il Shipyard dengan manajemen Perusahaan (salah satu Galangan terbesar di Korea) dan foto bersama kedua belah pihak di Aula KMOU Busan, Korea Selatan akan ditindaklanjuti dengan bagian perguruan tinggi masing-masing dan terus ditingkatkan ke depan dengan berbagai kondisi dilapangan.

Kerjasama Internasional sebagai langkah strategis AMANJAYA agar lulusan berkualitas internasional dan menjadikan pelaut yang bisa mengikuti teknologi, pengetahuan terbaru sehingga bisa diserap Perusahaan Tingkat dunia terutama pelayaran saat ini. (*)

Penulis: Dr. Agung Kwartama.,SE.,MM.,MH.

Tombol Google News

Tags:

AMANJAYA Akademi Maritim Nasional Jakarta Raya Korean Maritime Ocean University
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 04. Home Sidebar 1