Microsoft akan Hentikan Pembaruan Keamanan pada Windows 10

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

7 Desember 2023 09:01 7 Des 2023 09:01

Thumbnail Microsoft akan Hentikan Pembaruan Keamanan pada Windows 10 Watermark Ketik
Tampilan Home Windows 10. (Foto: Microsoft)

KETIK, JAKARTA – Sistem operasi komputer Windows 10 telah memasuki usia senja. Microsoft selaku pengembang dari sistem operasi ini berencana menyetop pembaruan keamanan yang selama ini diberikan secara gratis, pada tahun 2025.

Hal ini dilakukan agar pengguna secara bertahap dapat beralih ke Windows 11 yang lebih baru. Dikutip dari Mashable, Kamis (7/12/2023), Microsoft akan mulai mengenakan biaya untuk pembaruan keamanan Windows 10 pada 14 Oktober 2025 mendatang. 

Dengan berhentinya pembaruan sistem keamanan Windows 10 tentu akan membuat perangkat rentan dengan serangan siber yang saat ini marak terjadi. Pengguna juga tidak bisa menikmati beragam peningkatan fitur karena tidak tersedianya pembaruan.

Akan tetapi, bagi pengguna yang masih setia dengan Windows 10 dan ingin menggunakannya dalam jangka panjang dapat memanfaatkan pembaruan berbayar yang ditawarkan Microsoft. Sayangnya, hingga berita ini turun, tidak dijelaskan secara rinci berapa biaya yang harus dikeluarkan agar pengguna Windows 10 tetap mendapatkan pembaruan keamanan.

Sebagai informasi tambahan, belakang muncul bocoran yang menyebut Windows 12 akan dirilis pada tahun 2024. Jika benar, tentu akan membawa kemajuan AI yang menarik dan Windows 10 akan semakin tertinggal.(*)

Tombol Google News

Tags:

teknologi Komputer pembaruan keamanan kejahatan siber Windows 10 Windows 11 Microsoft