KETIK, SURABAYA – PT KAI Commuter mencatatkan pencapaian signifikan sepanjang April 2025 dengan melayani sebanyak 32.293.111 penumpang di seluruh layanannya.
Angka ini menunjukkan tingginya mobilitas masyarakat dan kepercayaan publik terhadap transportasi massal berbasis rel yang efisien dan terjangkau.
Data di April 2025 meningkat 9% jika dibandingkan dengan April 2024 lalu, yang mencapai angka 29.613.987.
Sepanjang tahun 2025 hingga 30 April ini, KAI Commuter juga sudah melayani total pengguna Commuter Line sebanyak 125.818.020 orang.
Angka ini pun meningkat 7,1% jika dibandingkan dengan periode yang sama pada 2024, yaitu sebanyak 117.488.707 orang.
Manager Public Relations Leza Arlan, menyampaikan bahwa tercatat peningkatan tertinggi pada volume pengguna Commuter Line di Wilayah 2 Bandung yang meningkat sebesar 20,16% atau sejumlah 6.089.648 orang jika dibandingkan dengan periode tahun lalu, yang sebanyak 5.068.094 orang.
“Sementara itu, untuk capaian volume pengguna Commuter Line Jabodetabek sepanjang 2025 ini sebanyak 109.446.180 orang atau meningkat 6,24% jika dibandingkan dengan periode 2024, yang sebanyak 103.019.965 orang,” ujarnya pada Senin 5 Mei 2025.
Tren positif ini juga terlihat pada volume pengguna Commuter Line Merak yang juga meningkat 5,1% jika dibandingkan dengan tahun 2024, atau total sebanyak 1.428.838 orang.
Tak ketinggalan, Wilayah 6 Yogyakarta juga tercatat mengalami peningkatan.
Untuk layanan Commuter Line Yogyakarta-Palur tahun ini tercatat sebanyak 2.706.351 orang atau meningkat 14,1% jika dibandingkan dengan tahun 2024, yang sebanyak 2.370.192 orang.
Hal yang sama juga tercatat pada capaian volume pengguna Commuter Line Prameks, dengan peningkatan 11,6% atau total sebanyak 240.867 orang.
Sedangkan untuk capaian volume pengguna Commuter Line di Wilayah 8 Surabaya, peningkatan volume pengguna sepanjang 2025 tercatat sebanyak 10% jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2024, atau tercatat total sebanyak 5.101.392 orang.
"Peningkatan pengguna Commuter Line ini juga merupakan salah satu perubahan gaya hidup masyarakat yang lebih ramah lingkungan, karena transportasi massal ini merupakan salah satu solusi dalam menekan emisi karbon dan kemacetan," jelasnya.
Selain itu, menurutnya, kemudahan-kemudahan yang diberikan KAI Commuter dalam menggunakan layanan Commuter Line semakin memudahkan masyarakat.
Transportasi ini juga sudah terintegrasi dengan layanan transportasi lainnya, seperti KA Jarak Jauh, LRT, MRT, serta transportasi darat lainnya.
“Sesuai dengan visi perusahaan, yaitu menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat urban melalui pengelolaan transportasi perkotaan terbaik di Indonesia, KAI Commuter terus meningkatkan layanan kepada seluruh penggunanya,” pungkas Leza.(*)
Mobilitas Tinggi, KAI Commuter Catat Lonjakan Penumpang Capai 32 Juta di April 2025
5 Mei 2025 18:42 5 Mei 2025 18:42


Tags:
KAI Commuter KAI Kereta Api 32 juta penumpang Manager Public Relations Leza Arlan penumpang keretaBaca Juga:
Perempuan Naik Kereta Tanpa Cemas, Inilah Fasilitas Fitur Female Seat MapBaca Juga:
Truk Muatan Pasir di Jember Tabrak Kereta Api Ijen Ekspres di Perlintasan Tanpa PenjagaBaca Juga:
KAI Daop 8 Surabaya Imbau Penumpang Datang Lebih Awal pada Peringatan May DayBaca Juga:
Warga Kritik Aksi Bongkar Portal, KAI: Saat Ini Ada 4 Penjaga Perlintasan Rel dari DishubBaca Juga:
Long Weekend, KAI Daop 8 Surabaya Catat Pelanggan Capai 123 RibuBerita Lainnya oleh Shinta Miranda

5 Mei 2025 21:40
Pemerhati Kebijakan Sosial Usul Pelaku Tawuran Surabaya Dibina di RPA

5 Mei 2025 19:30
Adi Sutarwijono Dapat Sanksi dari DPP, Yordan Yakin PDIP Malah Makin Solid

5 Mei 2025 19:10
Penyelenggaraan Munas APEKSI VII Surabaya, Komisi A Dorong Nilai Budaya Ditampilkan Secara Elegan

5 Mei 2025 19:00
Temukan Sampah di Jalan, Segera Lapor ke DLH Surabaya

5 Mei 2025 18:55
Selamat Datang Rektor Baru! Prof Madyan Pimpin Unair Periode 2025-2030

4 Mei 2025 16:39
Gudang UD Sentoso Seal Diam-Diam Kembali Beroperasi, Komisi A Bakal Panggil Satpol PP

Trend Terkini

2 Mei 2025 17:50
Buruan! Berikut Tanggal dan Tata Cara Penerimaan Siswa Baru (SPMB) SMK/SMA se-Jatim 2025

3 Mei 2025 14:50
Dindikbud Pemalang Segera Periksa Oknum Guru SD di Ulujami yang Dilaporkan Selingkuh

2 Mei 2025 20:58
Dari Kelas ke Dinas: Kisah Siti Romlah Sang Pelopor Pendidikan di Kota Probolinggo

1 Mei 2025 07:41
Ditinggal Suami Berlayar, Oknum Guru di Ulujami Pemalang Diduga Berselingkuh

3 Mei 2025 10:19
Ini Isi Tuntutan Aliansi Pantura Bersatu ke Disnaker Pemalang
Trend Terkini

2 Mei 2025 17:50
Buruan! Berikut Tanggal dan Tata Cara Penerimaan Siswa Baru (SPMB) SMK/SMA se-Jatim 2025

3 Mei 2025 14:50
Dindikbud Pemalang Segera Periksa Oknum Guru SD di Ulujami yang Dilaporkan Selingkuh

2 Mei 2025 20:58
Dari Kelas ke Dinas: Kisah Siti Romlah Sang Pelopor Pendidikan di Kota Probolinggo

1 Mei 2025 07:41
Ditinggal Suami Berlayar, Oknum Guru di Ulujami Pemalang Diduga Berselingkuh

3 Mei 2025 10:19
Ini Isi Tuntutan Aliansi Pantura Bersatu ke Disnaker Pemalang

