Musim Panas, Berikut Minuman Terbaik Anti Dehidrasi

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: M. Rifat

23 Mei 2024 18:16 23 Mei 2024 18:16

Thumbnail Musim Panas, Berikut Minuman Terbaik Anti Dehidrasi Watermark Ketik
Ilustrasi mencukupi kebutuhan air harian. (Foto: Pinterest)

KETIK, SURABAYA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menegaskan bahwa cuaca panas yang terjadi di Indonesia akhir-akhir ini bukanlah akibat gelombang panas atau heatwave.

Saat cuaca panas tubuh memerlukan banyak cairan agar terhindar dari dehidrasi. Untuk mengatasi dehidrasi, minuman yang baik adalah:

1. Air: Air adalah minuman terbaik untuk mengatasi dehidrasi. Minum air putih secara teratur membantu menggantikan cairan yang hilang dari tubuh.

2. Minuman elektrolit: Minuman seperti minuman olahraga atau larutan rehidrasi oral (ORS) mengandung elektrolit penting seperti natrium, kalium, dan glukosa, yang membantu menggantikan cairan dan elektrolit yang hilang lebih efektif daripada air biasa.

3. Koktail buah: Minuman seperti jus buah segar atau smoothie buah mengandung elektrolit alami dan gula alami, yang dapat membantu menggantikan cairan dan energi yang hilang.

4. Kaldu: Kaldu sayuran atau kaldu ayam mengandung elektrolit alami dan bisa menjadi minuman yang menenangkan untuk mengatasi dehidrasi.

5. Teh herbal: Teh herbal seperti peppermint atau chamomile bisa membantu dalam mengatasi dehidrasi. Namun, hindari teh hitam atau teh hijau karena kandungan kafeinnya bisa memiliki efek diuretik.

Pastikan untuk minum secara teratur dan hindari minuman yang mengandung alkohol atau kafein dalam jumlah besar, karena keduanya dapat meningkatkan risiko dehidrasi. Jika dehidrasi parah atau berkelanjutan, penting untuk mencari bantuan medis segera. (*)

Tags:

BMKG cuaca panas Minuman rekomendasi minuman dehidrasi Gelombang Panas