Nikmatnya Makan Semanggi Suroboyo

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Mustopa

5 Agustus 2023 07:16 5 Agt 2023 07:16

Thumbnail Nikmatnya Makan Semanggi Suroboyo Watermark Ketik
Semanggi Suroboyo makanan khas Kota Surabaya, Jumat (4/8/2023). (Foto : M.Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Semanggi merupakan salah satu tanaman merambat yang ada hidup di tanah yang tergenang air seperti sawah dan tepi Sungai. Oleh masyarakat Surabaya tanaman ini diolah menjadi makanan khas kota Pahlawan

Tanaman Semanggi yang direbus memiliki ciri khas renyah saat dimakan. Dicampur dengan bumbu yang terbuat dari ketela rambat atau  telo, kacang dan gula merah membuat makanan ini sungguh nikmat.

Kudapan ini terasa nikmat jika dipadukan dengan krupuk puli. Dibanderol dengan harga Rp 11 ribu jika menggunakan lontong, dan Rp 10 ribu tanpa lontong membuat makanan ini menjadi jujukan warga di luar Surabaya.

Salah satunya Nurul Arifin warga Jombang mengaku senang dengan kudapan Semanggi Suroboyo. Makanan ini hanya bisa ditemui jika berkunjung ke kota Pahlawan. "Awalnya aneh karena bumbunya dari telo tapi saat dimakan ya enak," ucapnya, Jumat (4/8/2023).

Arifin mengaku sudah beberapa kali makan semanggi Suroboyo, sehingga dirinya selalu mengenalkan makanan tradisonal itu kepada ke dua anaknya. "Anak-anak suka jadi setiap ke Surabaya selalu makan semanggi," bebernya.

Sementara itu, Grace warga Jakarta mengaku baru pertama kali mencoba Semanggi Suroboyo. "Enak, lembut bumbunya jadi nikmat aja makan makanan ini," ucapnya.

Gadis berusia 35 tahun ini mulai jatuh cinta dengan kuliner asal Surabaya ini. "Rasanya unik dan ternyata dari ketela rambat jadi asik aja saat dimakan," ucapnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Semanggi Surabaya Kuliner Kuliner Khas Surabaya Surabaya makanan