Pamit Dititipkan ke Warga Bondowoso, Orang Tua Bayi Berumur 2 Hari Tak Kunjung Kembali

Jurnalis: Ari Pangistu
Editor: Naufal Ardiansyah

8 Oktober 2023 10:22 8 Okt 2023 10:22

Thumbnail Pamit Dititipkan ke Warga Bondowoso, Orang Tua Bayi Berumur 2 Hari Tak Kunjung Kembali Watermark Ketik
Hajar dan Istri menggendong bayinya saat didatangi oleh Camat Jambesari Darusollah dan tim Dinsos P3AKB Bondowoso. (Foto: Humas Dinsos P3AKB)

KETIK, BONDOWOSO – Bayi laki-laki berumur sekitar dua hari diduga dibuang oleh orang tuanya di Desa Grujugan Lor, Kecamatan Jambesari Darusollah, pada Jum'at (6/10/2023) malam. 

Berdalih dititipkan pada seorang warga bernama Hajar, orang tua bayi tuna daksa itu justru tak kunjung kembali. 

Kepala Dinas Sosial, Perlindungan Perempuan, dan Anak, Keluarga Berencana (Dinsos P3AKB), Anisatul Hamidah, mengatakan, kondisi bayi tersebut sehat dengan berat badan 3 kilogram, dan panjang tubuh sekitar 35 cm. 

"Jum'at malam itu, jam 23 malam. Ada kendaraan, ada dua orang turun, menyampaikan pada Pak Hajar, saya titip bayi sebentar," urainya. 

Ia menerangkan, kini bayi tersebut telah dirawat oleh Hajar karena ia menyebutkan bahwa siap untuk merawat bayi tersebut. 

Hal itu, disampaikan saat pemerintah setempat dan Dinsos P3AKB datang melakukan pengecekan informasi yang berawal ramai di media sosial itu. 

"Pak Hajar menyampaikan bahwa dia siap untuk merawat bayi tersebut," urainya.

Menurut Anis, kendati Hajar siap untuk merawat. Namun  proses administrasi adopsi harus tetap dilakukan. Karena itulah, Dinsos P3AKB telah berkomunikasi dengan UPT PPSAP, Sidoarjo untuk proses pengajuan adopsinya. 

"Jadi ada laporan Polsek, administrasi kesehatan dari Faskes setempat. Termasuk kesiapan orang tua asuh," jelasnya. 

Selanjutnya, UPT PPSAP Jatim akan melakukan assesment kesanggupan orang tua asuh. 

Kendati begitu, kata Anis, pihak kepolisian tetap akan melalukan penelusuran terhadap orang tua yang menitipkan bayi tersebut. 

"Kalau itu kita serahkan sepenuhnya pada pihak berwajib," katanya. 

Plh Sekda Bondowoso, Haeriyah Yuliati, dikonfirmasi di lokasi yang sama mengatakan, bahwa dirinya sangat mengapresiasi langkah cepat penanganan yang dilakukan oleh seluruh pihak. 

Dirinya pun telah meminta Dinsos P3AKB untuk segera memfasilitasi proses pengadopsian. Karena, kendati diadopsi secara administrasi harus sesuai aturan. 

"Kita memberikan apresiasi kepada semua pihak yang bergerak cepat menangani permasalahan ini," pungkasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Bondowoso Bayi dibuang Dinsos P3AKB Pemkab Bondowoso Berita viral