Pangeran Charles Akan Jadi Raja Inggris Besok

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Moana

10 September 2022 04:07 10 Sep 2022 04:07

Thumbnail Pangeran Charles Akan Jadi Raja  Inggris Besok Watermark Ketik
Pangeran Charles. (foto: Reuters)

KETIK, SURABAYA – Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada Kamis (8/9). Hal tersebut membuat pemerintah Ratu selama 70 tahun telah berakhir, dan putra sulungnya Pangeran Charles akan menjadi Raja Inggris.

Seperti diberitakan AFP, Pangeran Charles memang berada di garis pertama menduduki takhta Kerajaan Inggris untuk menggantikan Ratu Elizabeth II.

Pangeran Charles akan memulai babak baru dari era pemerintahan sang ibu yang dimulai sejak 1952.

Pangeran Charles bakal dinobatkan menjadi Raja Inggris pada Sabtu (10/9), mengambil alih takhta kerajaan setelah ibunya, Ratu Elizabeth II, meninggal dunia pada Kamis.
Sesuai tradisi, penobatan Charles ini diumumkan oleh Dewan Aksesi di Istana St. James di London, 24 jam setelah kematian penguasa Inggris.

Seluruh anggota dewan tersebut biasanya dipanggil ke acara Dewan Aksesi untuk memantau proklamasi resmi penguasa baru Inggris.

Namun, mengingat jumlah anggota dewan kini mencapai lebih dari 700, pembatasan pun dilakukan. Sebagaimana diberitakan The Guardian, hanya 200 orang yang akan dipanggil ke acara tersebut.

Anggotanya terdiri dari Dewan Penasihat, sekelompok anggota parlemen senior sejak dulu hingga sekarang, beberapa rekan, serta pegawai negeri senior, komisaris tinggi Persemakmuran, dan Wali Kota London. (*)
 

Tombol Google News

Tags:

Ratu Elizabeth Pangeran Charles Inggris