Pasangan Rahmad dan Bagus Jalani Tes Kesehatan, Bawaslu Pastikan Tak Ada Joki

Jurnalis: Ari Pangistu
Editor: Mustopa

1 September 2024 06:04 1 Sep 2024 06:04

Thumbnail Pasangan Rahmad dan Bagus Jalani Tes Kesehatan, Bawaslu Pastikan Tak Ada Joki Watermark Ketik
Pasangan Rahmad dan Bagus saat berfoto bersama dengan Komisioner KPU dan Bawaslu sebelum berangkat ke RSUD dr. Soebandi (Foto: Ari Pangistu/Ketik.co.id)

KETIK, BONDOWOSO – Dua pasangan bakal calon Pilkada Bondowoso, Rahmad dan Bagus telah mengikuti serangkaian tes kesehatan. 

Tes kesehatan yang dilaksanakan di RSUD dr. Soebandi, Jember, berlangsung selama tiga hari yaitu tanggal 29 dan 31 Agustus hingga 1 September 2024 .

Komisioner KPU Divisi Tekhnis, Abu Sofyan menjelaskan, para pasangan ini mengikuti tes kesehatan fisik dan rohani. Untuk tes fisik dilakukan oleh pihak rumah sakit dan Badan Narkotika Nasional (BNN). 

“Untuk yang fisik itu banyak item, saya sempat cek ada sekitar 30 tes dari rumah sakit, lain yang BNN ya,” jelasnya dikonfirmasi Minggu (1/9/2024). 

Sementara untuk tes kesehatan rohani, kata Sofyan, mengerjakan 600 soal yang sudah disediakan oleh rumah sakit dengan durasi waktu 5 jam. 

Kemudian, di hari terakhir para bakal calon mengikuti tes wawancara sebagai bagian tes rohani. Masing-masing bakal calon diberi waktu maksimal 45 menit. 

Disebutnya, hasil tes kesehatan ini rencananya akan diserahkan pada KPU Bondowoso pada 3 September 2024. Karena, seluruh tim pemeriksa dari rumah sakit dan BNN akan melakukan pleno. 

“Dari hasil itu kita koordinasikan dengan KPU Provinsi, jika memang ada hasil relomendasi yang mampu atau tidak mampu apakah hasil lolos tau tidak kita akan konsultasikan ke KPU Jatim,” ujarnya. 

Usai tes kesehatan ini, KPU akan melakukan verifikasi administrasi dan verifikasi faktual dokumen calon. 

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Bondowoso Divisi Hukum dan PS, Ahmad Zairudin, mengatakan, selama tiga hari tes kesehatan pihaknya mendampingi dan tak menemukan adanya temuan pelanggaran. 

Namun memang ada salah satu tes yang dikhawatirkan ada keterlibatan Joki, yakni saat psikotes. 

“Tapi kita tetap memantau ke dalam untuk memastikan paslon yang mengerjakan sendiri. Tak ada temuan pelanggaran,” pungkasnya.

Di Pilkada Bondowoso ada dua pasangan yang mendaftar ke KPU yakni KH Abdul Hamid Wahid (Ra Hamid) dengan KH As'ad Yahya Syafi'i (Ra As’ad) yang dikenal dikenal dengan sebutan Rahmad serta pasangan Bambang Soekwanto dan Gus Moh. Baqir atau disebut Bagus.(*)

Tombol Google News

Tags:

RAHMAD BAGUS Berita bondowoso Pilkada 2024