Pastikan Tidak Ada Anak Tertinggal, Unicef Dukung Pemerintah Sukseskan Imunisasi Polio

Jurnalis: Siti Fatimah
Editor: Mustopa

22 Januari 2024 19:18 22 Jan 2024 19:18

Thumbnail Pastikan Tidak Ada Anak Tertinggal, Unicef Dukung Pemerintah Sukseskan Imunisasi Polio Watermark Ketik
Mrunal Shetye, Kepala Bidang Kesehatan UNICEF Indonesia (Foto: Fatimah/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Kasus Polio yang kini merebak di beberapa daerah mendapat perhatian khusus dari Unicef Indonesia dengan cara mendukung dan membantu pemerintah dalam melaksanakan imunisasi Polio supaya tidak ada satu pun anak yang tertinggal.

Hal ini disampaikan oleh Mrunal Shetye, Kepala Bidang Kesehatan Unicef Indonesia dalam acara Madura 100% Sukseskan Sub PIN Polio 2024, Deklarasi Komitmen Pulau Madura Imunisasi Semua Anak di Gedung IKM Bangkalan, Senin (22/1/2024).

“Tentunya kami sangat perihatin dengan wabah Polio yang sedang kita hadapi saat ini,” ungkap pria berkebangsaan India tersebut kepada media online Ketik.co.id.

Unicef telah mengumpulkan tim dari tingkat nasional di Jakarta, dan kantor perwakilan Unicef Surabaya untuk memastikan dan memberikan dukungan pada pemerintah Indonesia, Kementerian Kesehatan, dan Direktorat Imunisasi agar imunisasi Polio berkualitas baik dan menjangkau semua anak.

Penting diketahui, Unicef adalah organisasi PBB yang didirikan untuk meningkatkan kualitas hidup anak-anak maupun perempuan di negara-negara berkembang.

Oleh karena itu, dalam kasus Polio seperti ini, Unicef memastikan tidak ada anak yang tertinggal dalam hal apapun, termasuk pemberian imunisasi Polio.

“Kami juga berusaha meningkatkan pemahaman atau awareness di lapangan agar orang tua, pemuka agama, dan masyarakat dapat memanfaatkan peluang imunisasi ini semaksimal mungkin,” jelas Mrunal.

Ajak Media Berkontribusi Capai Target Imunisasi

Foto Mrunal Shetye (Kanan) bersama Tubagus Arie Rukmantara, Kepala Kantor  UNICEF Perwakilan Wilayah Jawa dan Bali (Kiri) (Foto: Yusuf/Ketik.co.id)Mrunal Shetye (Kanan) bersama Tubagus Arie Rukmantara, Kepala Kantor UNICEF Perwakilan Wilayah Jawa dan Bali (Kiri) (Foto: Yusuf/Ketik.co.id)

Tidak hanya memberikan pemahaman pada orang tua dan masyarakat, Mrunal mengajak seluruh awak media berkontribusi penuh untuk mencapai target imunisasi Polio.

“Langkah pertama yang bisa dilakukan media adalah pastikan semua orang mengetahui bahwa telah terjadi wabah,” jelasnya.

Pemberian informasi melalui media ini tentunya sangat penting mengingat Polio adalah salah satu penyakit menular yang harus diwaspadai.

“Kedua, pastikan tidak kepanikan dan sampaikan kepada masyarakat bahwa kami punya vaksin yang tepat untuk mencegah wabah ini meluas. Ketiga, pastikan setiap orang yang punya anak dalam rentang usia target imunisasi datang ke posyandu atau puskesmas terdekat untuk mendapatkan imunisasi,” lanjut Mrunal.

Dengan dukungan dan kerjasama dari berbagai pihak inilah nantinya target imunisasi Polio bisa tercapai dengan baik dan semua anak Indonesia sehat tidak terjangkit penyakit berbahaya seperti Polio.

Untuk diketahui, Ketik.co.id adalah media online nasional yang turut mendukung dan mengawal Sub PIN Polio, khususnya di Bangkalan, Senin (22/1/2024).

Bekerjasama dengan pemerintah Bangkalan, Pemprov Jatim, Kemenkes RI, Unicef, WHO, Giat Airlangga, dan pihak lainnya, Ketik.co.id mendorong penyebaran informasi penting terkait imunisasi Polio kepada masyarakat.(*)

Tags:

UNICEF Indonesia UNICEF Dukung Imunisasi Polio Imunisasi Polio di Bangkalan Wabah Polio Anak-anak