Pelatihan Kewirausahaan, Ratusan Difabel Bengkulu Antusias

Jurnalis: Reno Diqqi Alghzali
Editor: Muhammad Faizin

25 Juli 2023 14:27 25 Jul 2023 14:27

Thumbnail Pelatihan Kewirausahaan, Ratusan Difabel Bengkulu Antusias Watermark Ketik
Gubernur Bengkulu Dr Rohidin Mersyah (Tengah Berpeci) bersama dengan peserta pelatihan (Foto: Media Center Pemprov Bengkulu).

KETIK, BENGKULU – Semangat inklusi dan pemberdayaan terus digaungkan di Provinsi Bengkulu. Hal ini setidaknya tergambar dari pelatihan Kewirausahaan Khusus Difabel Provinsi Bengkulu.

Acara yang dibuka  langsung oleh Gubernur Bengkulu Dr. Rohidin Mersyah ini, bertempat di fuang serbaguna Pemprov Bengkulu, Selasa (25/07/2023). 

"Dengan diberikannya pelatihan berwirausaha diharapkan para warga disabilitas bisa meningkatkan kualitas dan kesejahteraan hidup mereka. Bukan justru terkesan selalu meminta belas kasihan kepada orang lain untuk memenuhi kebutuhan hidup," ujar Rohidin dalam sambutanya. 

Diketahui jumlah difabel di wilayah provinsi Bengkulu menyentuh angka 5.306 orang. Disinyalir, jumlah ini akan terus bertambah.

Di sisi lain, juga terlihat semangat antusias dari penyandang disabilitas dalam mengikuti acara pembukaan tersebut. 

"Pelatihan ini, akan membentuk daya kreativitas masing-masing difabel sesuai dengan standar dan kemampuan yang dimilikinya," lanjut Rohidin. 

Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Provinsi Bengkulu Iskandar ZO mengatakan, kegiatan pelatihan kewirausahaan khusus difabel akan diikuti oleh 200 peserta. Pelaksanaannya berlangsung selama 4 hari untuk 2 angkatan.

“Jadi untuk tahap awal ini kita mendatangkan difabel dari Kota Bengkulu dan Kabupaten Bengkulu Tengah. Di mana tahap pertama ini akan dilakukan penjaringan keahlian terlebih dahulu,” jelasnya.

Sementara itu, usai pelatihan nantinya para peserta pelatihan kewirausahaan khusus difabel ini juga akan diberikan bantuan peralatan, seperti mesin ataupun alat penunjang pekerjaannya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Gubernur Bengkulu Dinas Sosial Bengkulu Kemensos Difabel kewirausahaan Pelatihan